Obat Kina/Quinine: Dosis & Penggunaannya

Obat Kina-Quinine-doktersehat

Anda pernah mendapati seseorang terkena malaria? Apakah Anda tahu mengenai penyebab terjadinya penyakit tersebut? Malaria adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh parasit plasmodium yang dibawa oleh nyamuk. Jika Anda pernah bertemu dengan penyakit malaria, mungkin tidak akan asing lagi dengan obat yang dikenal sebagai antimalaria yaitu obat Kina/Quinine. Atau mungkinkah Anda pernah mendengarnya? Tahukah Anda Kina obat apa?

Obat Kina adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit malaria. Kina adalah sejenis pohon yang kulitnya dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit pada manusia. Tumbuhan ini dapat mengobati kembung dan masalah perut lainnya. Namun, di halaman ini, Anda akan dijelaskan mengenai Kina yang sudah dibentuk dalam tablet obat atau pun injeksi suntik yang berguna sebagai antimalaria.

Obat Kina/Quinine adalah obat yang tersedia dalam bentuk tablet dan injeksi suntik. Sebelum Anda berniat menggunakan atau mengkonsumsi obat antimalaria yang satu ini, perlu diperhatikan lebih mendetail, bahwa obat Kina/Quinine ini hanya bisa Anda dapatkan lewat resep dokter. Itu artinya Anda harus melakukan pemeriksaan dan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda, sebelum berniat untuk mengkonsumsi obat antimalaria tersebut.

Obat Kina adalah obat yang tersedia dalam bentuk tablet dan infus. Obat Kina/Quinine dalam bentuk tablet adalah obat yang didedikasikan hanya untuk anak-anak dengan umur di atas 8 tahun dan untuk dewasa. Jika anak-anak dengan umur di bawah 8 tahun terjangkit malaria, dokter akan memberikan obat Kina dalam bentuk infus yang akan masuk ke dalam tubuh.

Anda sudah mengetahui dengan jelas Kina obat apa, sekarang Anda perlu mengetahui mengenai manfaat Kina dan fungsi Kina, sebelum berniat untuk mengkonsumsi obat tersebut.

Fungsi Kina & Manfaat Obat Kina/Quinine

Fungsi Kina adalah membunuh parasit malaria yang menetap di dalam sel darah merah setelah memasuki tubuh manusia. Sedangkan manfaat Kina/Quinine adalah mengobati penyakit malaria yang menjangkit tubuh.

Perhatian, untuk penggunaan obat terhadap ibu hamil dan menyusui harap dilakukan dengan hati-hati. Penggunaan obat kimia terhadap ibu hamil dan menyusui selalu memiliki efek samping yang serupa terhadap janin dan bayi Anda. Jika memang Anda ingin menggunakan obat Kina/Quinine, harap kembali melakukan konsultasi dengan dokter supaya janin dan bayi Anda terhindar dari bahaya atau pun efek samping dari penggunaan obat tersebut.

Setelah Anda mengetahui fungsi dan manfaat Kina obat apa, Anda juga harus mengetahui penggunaan dan dosis Kina/Quinine, sebelum berniat mengkonsumi antimalaria yang satu ini. Simak penjelasan di bawah ini untuk menambah wawasan Anda mengenai Kina obat apa.

Nama: Kina
Nama Dagang: Qualaquin
Nama Generik: Quinine Sulfat

Pengunaan Obat Kina/Quinine

Obat Kina/Quinine ini dapat digunakan sendiri atau dengan diikuti dengan penggunaan obat lain untuk mengobati malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk di negara-negara di mana malaria sering ditemukan.

Parasit malaria dapat masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk tersebut, dan kemudian hidup dalam jaringan tubuh seperti sel darah merah atau hati. Obat Kina/Quinine adalah obat yang digunakan untuk membunuh parasit malaria yang hidup di dalam sel-sel darah merah.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu untuk mengkonsumsi obat yang berbeda (seperti primakuin) untuk membunuh parasit malaria yang tinggal di jaringan tubuh lainnya. Kedua obat mungkin diperlukan sebagai obat lengkap dan untuk mencegah kembalinya infeksi (kekambuhan/relaps). Kina adalah kelas obat yang dikenal sebagai antimalaria. Hal ini tidak digunakan untuk pencegahan malaria.

Centers for Disease Control (CDC) Amerika Serikat memberikan panduan yang telah diperbarui dan menyebarluaskan rekomendasi untuk pencegahan dan pengobatan malaria di berbagai belahan dunia. Diskusikan informasi terbaru dengan dokter Anda sebelum melakukan perjalanan ke daerah-daerah di mana malaria sering terjadi.

Dosis Kina/Quinine untuk Dewasa

  • Untuk malaria Komplikata (parasit falciparum) :648 mg PO setiap 8 jam x 7 hari
  • Untuk malaria dengan resistensi Klorokuin ( falciparum): 648 mg PO setiap 8 jam x 3-7 hari bersamaan dengan tetrasiklin, doxycycline, atau klindamisin
  • Untuk malaria dengan resistensi Klorokuin (vivax): 648 mg PO setiap 8 jam x 3-7 hari bersamaan dengan doxycycline (atau tetrasiklin) dan meminum primakuin

Dosis Kina/Quinine untuk Anak-anak

  • Untuk malaria komplikata (P. falciparum): 30 mg/kg/hari PO dibagi tiga kali sehari x 3-7 hari Harus tidak melebihi dosis dewasa.
  • Untuk malaria dengan resistensi Klorokuin (falciparum): 30 mg/kg/hari dminum terbagi tiga kali sehari x 3-7, dengan doxycycline bersamaan, tetrasiklin atau klindamisin, harus tidak melebihi dosis dewasa yang diminum.
  • Untuk malaria dengan resistensi Klorokuin (vivax): 30 mg/kg/hari diminum terbagi tiga kali sehari x 3-7 hari, dengan doksisiklin bersamaan & PO primakuin harus tidak melebihi dosis dewasa yang diminum.

Obat Kina adalah obat antimalaria yang bisa diambil manfaatnya secara maksimal. Namun, sebaiknya, penggunaan obat Kina/Quinine ini tetap berada di bawah pengawasan dokter. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan obat Kina/Quinine, Anda bisa lanjut membaca pada halaman selanjutnya.

Obat Kina/Quinine – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4   5