Apa Itu Kimchi? Ini 10 Manfaat Kimchi bagi Kesehatan

kimchi-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Charles Haynes

DokterSehat.com – Apa itu kimchi? Kimchi adalah makanan asal Korea yang terbuat dari sayuran yang telah difermentasi. Jenis sayuran yang dijadikan kimchi bisa berbagai macam, sesuai selera. Nama kimchi mungkin sudah sangat familiar untuk Anda yang sering menonton darma Korea atau mengikuti acara televisi dari Negeri Ginseng ini.

Sawi putih dan lobak merupakan sayuran yang paling sering digunakan untuk membuat kimchi Korea. Kedua sayuran itu biasanya dicampur dengan bawang merah, bawang putih, daun bawang, bubuk cabai merah, gula, garam, jahe, tiram, cumi-cumi, atau makanan laut lainnya. Jadi, Anda sudah tahu kan apa itu kimchi?

Dalam pembuatannya, kimchi korea difermentasi secara alami dalam temperatur yang rendah sehingga tercipta sayuran segar yang baik untuk tubuh. Tekanan bakteri asam laktat yang menghasilkan bakteriosin dari kimchi diberi nama Lactobacillus kimchi. Bakteri ini memproduksi asam laktat yang lebih tinggi dari yoghurt.

Selain dapat menambah cita rasa, asam laktat bisa membunuh bakteri-bakteri serta virus yang membahayakan tubuh. Karena itulah, manfaat kimchi digadang-gadang sebagai makanan yang kaya akan antibakteri. Asam laktat dalam bakteri juga bermanfaat untuk pencernaan. Kimchi korea berkalori rendah, berserat tinggi, dan mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B1 (Thiamin), vitamin B2 (riboflavin), kalsium, dan zat besi.

Setelah mengetahui apa itu kimchi dan kandungan nutrisi kimchi yang sangat beragam ini, sudah tahukah Anda apa saja manfaat kimchi bagi kesehatan?

Ini dia 10 manfaat kimchi bagi kesehatan yang perlu diketahui sebelum Anda memutuskan untuk rutin mengonsumsi makanan khas dari Korea ini.

Apa Itu Kimchi? 10 Manfaat Kimchi bagi Kesehatan

Secara keseluruhan, manfaat yang didapat dari Kimchi antara lain:

1. Mencegah kanker

Anda tentunya sudah tahu apa itu kimchi. Kimchi adalah rahasia sehat orang Korea yang kini mulai disukai dan dikonsumsi oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Salah satu manfaat kimchi bagi kesehatan adalah mencegah kanker. Hal tersebut dikarenakan kimchi memiliki kandungan antioksidan dan flovanoid yang tinggi untuk mematikan sel kanker.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kimchi tidak hanya lezat, makanan khas Korea ini ternyata juga membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan berbagai penyakit, seperti flu, radang, dan lainnya. Hal tersebut karena kimchi mengandung bakteri baik hasil dari fermentasi sayuran yang dilakukan pada proses pengolahannya.

3. Melancarkan metabolisme tubuh

Lezatnya kimchi sebanding dengan manfaat kimchi bagi kesehatan. Anda tidak hanya harus mengetahui apa itu kimchi, melainkan juga harus mengetahui khasiat kimchi bagi kesehatan yang terkait dengan ekspresi gen pengantur metabolisme. Ekspresi gen metabolisme yang berubah secara signifikan akibat rutin mengonsumsi kimchi dalam jumlah yang cukup tapi tidak berlebihan, terbukti dapat membuat tubuh sehat karena metabolisme lebih lancar.

4. Mengobati sembelit

Penjelasan tentang apa itu kimchi di atas telah menyebutkan bahwa kimchi terbuat dari sayur-sayuran yang banyak mengandung serat. Hal ini tentunya sangat efektif untuk mengobati sembelit. Maka, konsumsilah kimchi Korea secara teratur dengan jumlah yang tidak berlebihan agar Anda terhindar dari masalah buang air besar.

5. Mencegah penyakit yang disebabkan virus seperti penyakit lambung dan radang usus

Bakteri baik dalam kimchi sangat bagus untuk menambah daya tahan tubuh. Artinya, tubuh akan lebih kebal untuk menangkal berbagai penyakit yang berdatangan, misalnya seperti penyakit lambung dan radang usus.

6. Mencegah stroke, gangguan jantung koroner, dan penyumbatan pembuluh darah

Sebagai salah satu makanan tersehat di dunia, manfaat kimchi bagi kesehatan lainnya adalah untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah. Kimchi bisa menguatkan kinerja jantung, mencegah stroke, serta menghindari gejala penyumbatan pembuluh arteri karena bahan pembuat kimchi Korea mengandung allicin dan selenium.

7. Menambah selera makan

Anda sering mengalami masalah selera makan yang kurang? Konsumsi kimchi secara teratur bisa menambah selera makan Anda. Khasiat kimchi bagi kesehatan untuk menambah selera makan ini banyak diterapkan dengan menghindangkan kimchi di antara menu makanan utama, terutama jika Anda bersantap di restoran Korea.

8. Mencegah kolesterol tinggi

Manfaat kimchi bagi kesehatan lainnya adalah mencegah kolesterol tinggi. Kimchi dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi.

9. Menjaga berat badan

Anda mungkin mengetahui apa itu kimchi dari acara yang menampilkan artis-artis Korea. Apa itu kimchi tentunya Anda sudah tahu karena artis Korea banyak yang mengonsumsinya. Konsumsi kimchi Korea memang bisa menjaga tubuh tetap langsing sehingga banyak yang mengonsumsi kimchi untuk mendukung diet. Manfaat kimchi bagi kesehatan yang terkait dengan menjaga berat badan ini berhubungan dengan serat yang tinggi di dalam kimchi.

10. Mengobati alergi

Khasiat kimchi bagi kesehatan selanjutnya adalah mengobati alergi. Untuk Anda yang memiliki alergi, terutama memiliki radang di kulit, Anda bisa memanfaatkan kimchi untuk menyembuhkan alergi Anda.

Sudah terbukti bahwa kimchi adalah makanan yang sangat sehat dari berbagai macam kejadian yang pernah diberitakan di Korea, jadi Anda jangan ragu untuk mengonsumsi kimchi.

Pada tahun 2003 saat wabah SARS menyerang Asia, Korea menjadi negara yang aman dari penyakit mematikan tersebut. Jika ada masyarakat Korea yang terjangkit maka akan segera sembuh. Hal ini diduga karena warga Korea sering mengonsumsi Kimchi.

Sekarang Anda telah mengetahui apa itu kimchi dan manfaat kimchi bagi kesehatan. Konsumsi kimchi Korea dengan jumlah yang cukup namun tidak berlebihan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.