Terbit: 22 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Wijen sering ditambahkan dalam berbagai bahan masakan yang lezat. Yang jarang diketahui, bahan ini sebenarnya punya kandungan antioksidan tinggi serta anti bakter yang menawarkan banyak manfaat luar biasa untuk kulit Anda. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari wijen.

Khasiat Wijen untuk Perawatan Kulit

1. Menyembuhkan infeksi

Minyak biji wijen merupakan anti inflamasi yang memiliki sifat penyembuhan yang baik. Karena bersifat anti bakteri, wijen mampu menyingkirkan patogen kulit seperti staphylococcus dan streptococcus serta jamur kulit yang umum lainnya. Minyak biji wijen dicampur dengan air hangat dapat mengendalikan infeksi jamur pada vagina.

2. Merawat luka bakar

Ketika digunakan setelah terpapar sinar matahari atau angin, minyak biji wijen berguna untuk mengatasi masalah kulit yang terbakar matahari. Selain itu, minyak ini mampu mencegah sinar ultraviolet merusak kulit Anda sehingga mencegah munculnya keriput dan pigmentasi. Penggunaan minyak biji wijen secara rutin dapat mengurangi risiko kanker dan mencegah kulit terpengaruh klorin di kolam renang.

3. Membuat kulit bercahaya

Minyak biji wijen dapat membuat kulit Anda lebih bercahaya, lembut dan kenyal. Kulit juga akan tetap kencang terutama di daerah sekitar hidung serta mengendalikan tampilan pori-pori agar tidak terlihat besar. Minyak biji wijen juga akan mengendalikan racun yang berkembang di permukaan pori-pori.

4. Mengatasi tumit pecah-pecah

Jika kaki Anda kering dan pecah-pecah, Anda bisa memanfaatkan minyak biji wijen malam hari sebelum tidur dan bungkus dengan kaus kaki. Cara ini akan membuat kaki Anda lembut dan terhidrasi dengan baik sehingga terhindar dari masalah tumit pecah-pecah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Nah, dengan beberapa manfaat tersebut, sayang sekali iika Anda melewatkan minyak biji wijen dalam perawatan harian Anda. Siapkan bahan tersebut di dapur Anda agar Anda bisa menggunakannya setiap saat diperlukan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi