Terbit: 15 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak perawatan rambut seperti shampo dan kondisioner kini menambahkan ekstrak tomat dalam komposisinya. Hal ini tidak lain karena tomat ternyata memang memiliki banyak kandungan nutrisi penting yang mampu menstimulasi rambut agar tetap sehat. Jadi, jangan heran jika buah ini ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk rambut seperti berikut ini.

Khasiat Tomat untuk Perawatan Rambut

1. Melawan Masalah Rambut Rontok

Jika Anda mengalami masalah kerontokan rambut, tomat adalah bahan yang sempurna untuk membantu mengatasinya. Mengoleskan bulir-bulir tomat pada kulit kepala dipercaya mampu mencegah masalah rambut rontok. Anda hanya perlu menghancurkan buah tomat dan oleskan ke seluruh rambut. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas seperti biasa. Ulangi cara ini 3 kali seminggu.

2. Mengatasi Rambut Kering

Kulit kepala sering kali kehilangan kelembapannya selama musim dingin sehingga batang rambut menjadi kering dan mudah batah. Puree tomat murni rumahan dapat membantu mengembalikan kilau dan elastisitas pada rambut yang kering dengan melembapkannya kembali. Tidak hanya itu saja, tomat juga akan mengunci kelembapan yang diperlukan untuk mencegah rambut agar tidak kering. Caranya, campurkan puree tomat dengan minyak dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air. Rambut Anda akan menjadi sangat halus, berkilau dan mudah diatur.

3. Membersihkan Noda Pada Rambut

Berenang secara rutin sering kali mengubah warna alami rambut Anda akibat tingginya kandungan klorin yang ada pada air di kolam renang. Tomat dapat membantu Anda menghilangkan noda ini pada rambut. Oleskan saja sari tomat murni pada rambut dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air dan lanjutkan dengan keramas dan memakai kondisioner seperti biasa. Tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada rambut. Oleskan sari tomat segar pada kulit kepala dan pijat pada rambut selama beberapa menit. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

4. Mengatasi Ketombe dan Kulit Kepala Gatal

Tomat juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan kulit kepala yang gatal dan ketombe. Tomat kaya akan vitamin C yang melawan ketombe dan menyediakan kolagen untuk perkembangan jaringan kulit kepala yang sehat. Siapkan saja 2 sampai 3 buah tomat matang dan hancurkan. Tambahkan 2 sendok makan sari lemon dan campur rata hingga membentu pasta. Oleskan dengan lembut pada kulit kepala, namun jangan menggaruk kulit kepala dengan kuku. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dan biarkan kering.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan buah tomat untuk perawatan rambut. Alami dan tidak sulit untuk membuatnya, jadi apalagi yang Anda tunggu?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi