5 Khasiat Tidur Siang bagi Pekerja Kantoran

tidur-nyenyak-doktersehat

DokterSehat.Com– Semakin bertambah usia kita, semakin kita menghargai kenikmatan melakukan tidur siang. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukannya. Mereka yang sibuk bekerja cenderung harus rela tidak melakukan tidur siang. Padahal, menurut pakar kesehatan, tidur siang bisa memberikan banyak manfaat bagi siapa saja, termasuk bagi mereka yang berprofesi sebagai pekerja kantoran.

Berbagai manfaat kesehatan tidur siang bagi pekerja kantoran

Telah banyak perusahaan besar yang bahkan menyediakan waktu bagi pekerja kantoran agar bisa tidur siang dengan nyaman. Hal ini disebabkan oleh adanya manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika pekerja kantoran bisa melakukannya.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa membuat performa pekerja meningkat

Tidur siang tak hanya tentang mendapatkan waktu istirahat. Jika kita melakukannya, maka performa motorik dan otak akan meningkat. Kita seperti akan memiliki semangat baru, kemampuan berkonsentrasi, dan mendapatkan ide-ide baru dengan lebih mudah setelah melakukannya.

Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa tidur siang selama 20 menit saja sudah cukup untuk meningkatkan kewaspadaan dan fungsi motorik tubuh. Kita juga bisa menjadi lebih kreatif. Hanya saja, jika kita tidur siang terlalu lama, bisa jadi manfaat ini tidak bisa didapatkan dan kita justru akan merasakan sensasi pusing.

  1. Menururunkan stres dan ketegangan

Banyak orang yang menganggap pekerja kantoran tidak akan mudah terkena stres. Padahal, dalam realitanya mereka juga rentan mengalami hal ini. Mengingat stres bisa menurunkan produktivitas dengan signifikan, sebaiknya kita mengatasinya dengan cara melakukan tidur siang.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism yang dikeluarkan pada 2012 lalu, dihasilkan fakta bahwa tidur siang selama 30 hari bisa membantu mengendalikan hormon stres di dalam tubuh dengan efektif.

Tidur siang juga secara efektif mampu menurunkan ketegangan, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, dan mencegah diabetes. Karena alasan inilah sebaiknya kita rutin melakukannya saat waktu istirahat siang.

  1. Bisa membuat suasana hati meningkat

Kurang tidur atau stres akibat pekerjaan bisa membuat suasana hati memburuk. Hal ini tentu akan berpengaruh besar bagi kondisi psikologis sekaligus performa saat bekerja. Dengan melakukan tidur siang, maka suasana hati akan menjadi lebih baik.

Pakar kesehatan bahkan menyarankan kita untuk tidur siang alih-alih mengonsumsi kopi jika ingin mengatasi stres dan membuat suasana hati membaik. Hal ini disebabkan oleh pengaruh kafein yang bisa saja membuat kita mengalami sensasi kurang nyaman pada tubuh.

  1. Bisa membuat daya ingat meningkat

Penelitian membuktikan bahwa kebiasaan melakukan tidur siang bisa membuat daya ingat semakin meningkat. Hal ini tentu akan membuat produktivitas semakin meningkat.

Dalam penelitian yang dilakukan di Jerman ini, disebutkan fakta bahwa tidur siang bisa membantu meningkatkan daya ingat hingga lima kali lipat. Tak hanya itu, hal ini juga akan membuat denyut jantung, kewaspadaan, dan kemampuan berkonsentrasi semakin membaik.

  1. Bisa membuat tubuh terasa jauh lebih bugar

Sebuah penelitian yang dilakukan di Stanford University menghasilkan fakta bahwa partisipan yang berprofesi sebagai atlet cenderung lebih bugar, memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, dan memiliki performa fisik yang jauh lebih tinggi jika rajin melakukan tidur siang.

Atlet yang tidak mendapatkan waktu tidur siang dengan cukup juga cenderung memiliki waktu reaksi yang buruk, lebih mudah mengalami masalah suasana hati, dan kurang bugar.

Tidur siang juga akan membantu kita mengendalikan nafsu makan sehingga tidak tertarik makan atau ngemil dengan berlebihan. Melihat fakta ini, sebaiknya memang kita mulai membiasakan diri untuk melakukannya.