Terbit: 12 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar saran dari orang tua untuk selalu minum sambil duduk. Ada banyak alasan terkait dengan hal ini, termasuk adanya anggapan bahwa minum sambil duduk jauh lebih sehat dibandingkan dengan sambil berdiri atau berjalan. Hanya saja, banyak orang yang tidak tahu jika ada banyak sekali manfaat tak terduga dari melakukan hal ini.

6 Khasiat Tak Terduga Minum Sambil Duduk

Berbagai Khasiat Minum Sambil Duduk

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika kita minum sambil duduk.

Berikut adalah manfaat kesehatan tersebut.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Radang Sendi

Hal pertama yang bisa kita dapatkan jika mulai membiasakan diri untuk minum dengan posisi duduk adalah mencegah datangnya radang sendi atau arthritis. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan minum dengan posisi duduk bisa menyebabkan gangguan keseimbangan cairan tubuh dan akhirnya memicu akumulasi cairan pada persendian yang bisa menyebabkan peradangan.

  1. Membuat Saluran Pencernaan Semakin Lancar

Minum air dengan posisi berdiri bisa saja menyebabkan gangguan pada perut. Hal ini disebabkan oleh air yang langsung mengalir ke bagian usus dan bisa menyebabkan masalah pada bagian lambung.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Jika kita minum dengan posisi duduk. Air akan mengalir di dalam saluran pencernaan dengan lebih baik dan memudahkannya untuk diserap oleh tubuh. Hal ini akan mendukung kesehatan pencernaan sekaligus membuat proses pencernaan makanan berlangsung dengan lebih baik.

  1. Bisa Membantu Menghilangkan Haus dengan Lebih Cepat

Minum air dengan posisi berdiri ternyata tidak akan membuat rasa haus hilang dengan cepat. Kita bahkan bisa saja minum air dalam jumlah yang sangat banyak namun belum bisa mengatasi rasa haus tersebut. Hal yang berbeda terjadi jika kita minum dengan posisi duduk. Rasa haus bisa cepat hilang meskipun air yang diminum tidak banyak.

  1. Bisa Mencegah Masalah Asam Lambung

Minum dengan posisi berdiri bisa membuat bagian esophagus terkena cairan dengan keras dan menyebabkan gangguan fungsi otot sfingter yang akhirnya bisa memicu kenaikan asam lambung. Hal ini tentu akan membuat perut dan dada terasa sangat tidak nyaman. Masalah ini tidak akan terjadi jika kita minum dengan posisi duduk.

  1. Mencegah Ketegangan Saraf

Minum sambil berdiri ternyata bisa merangsang aktifnya sistem fight or flight yang bisa membuat saraf menjadi lebih tegang. Hal yang berbeda terjadi jika kita minum dalam posisi duduk. Saraf parasimpatis akan berada dalam sistem rest and digest atau bersantai dan mencerna dengan baik dan hal ini akan membuat sistem pencernaan berjalan dengan lebih baik.

  1. Membuat Sistem Metabolisme Meningkat

Minum air dengan posisi duduk akan membuat sistem metabolisme meningkat dan akhirnya berpengaruh pada proses pencernaan yang berlangsung dengan lebih baik dan berat badan yang terjaga.

Berbagai Manfaat Mencukupi Kebutuhan Minum Air Putih

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan jika kita mencukupi kebutuhan air putih setiap hari. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Bisa membuat otot melakukan fungsinya dengan jauh lebih baik.
  • Bisa menyehatkan kulit dan membuatnya terhindar dari berbagai masalah dan penuaan dini.
  • Bisa membantu mengendalikan asupan kalori harian. Hal ini tentu akan berimbas pada berat badan yang terjaga.
  • Bisa membuat ginjal terjaga fungsinya sekaligus mencegah datangnya berbagai masalah ginjal.
  • Bisa mendukung fungsi pencernaan dengan lebih baik, mencegah masalah sembelit, dan membantu proses penyerapan nutrisi makanan menjadi lebih maksimal.

 

Sumber:

  1. Verma Shalini. 2019. 8 Miraculous Benefits Of Drinking Water While Proper Sitting. com/lifestyle-news/health-tips/benefits-of-drinking-water-while-proper-sitting/. (Diakses pada 12 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi