Badan Lesu dan Kurang Bertenaga? Minum Susu Cokelat Saja

susu-cokelat-doktersehat
Photo Source: Freepik/aopsan

DokterSehat.Com– Bukannya bersemangat atau memiliki badan yang segar, banyak orang yang justru merasakan tubuh yang lesu dan kurang bertenaga setelah bangun tidur. Padahal, jika sampai hal ini terjadi, kita akan kesulitan untuk melakukan aktivitas dengan normal. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada cara untuk mengatasi badan yang lesu ini, yakni dengan meminum susu cokelat.

Manfaat luar biasa dari mengonsumsi susu cokelat

Susu cokelat memiliki kandungan sehat seperti protein, karbohidrat, lemak, elektrolit, serta air. Berbagai kandungan ini bisa menyediakan sumber energi bagi tubuh. Bahkan, jika kita baru saja melakukan aktivitas seperti olahraga yang menguras energi, susu cokelat bisa dengan cepat mengembalikan kondisi tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian yang berasal dari Shahid Sadoughi University of Medical Sciences yang ada di kota Yazd, Iran, dihasilkan fakta bahwa susu cokelat memang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang merasa badannya lesu atau kurang bertenaga.

Penelitian ini dilakukan dengan melakukan 12 studi yang melibatkan 150 partisipan. Sebagian besar partisipan adalah pencinta olahraga aerobik seperti bersepeda atau berlari. Selain frekuensi atau dirasi melakukannya, para partisipan juga dicek kondisi fisiknya, level tenaga dalam tubuh, dan denyut jantung. Partisipan dibagi menjadi dua, yakni yang diberi asupan susu cokelat dan yang hanya diberi plasebo atau suplemen yang sebenarnya tidak memiliki kandungan apapun.

Hasilnya adalah, partisipan yang minum susu cokelat cenderung baru merasakan kelelahan satu menit lebih lama jika dibandingkan dengan partisipan yang diberi plasebo. Bahkan, partisipan yang diberi asupan minuman olahraga cenderung enam menit lebih cepat mengalami kelelahan.

Pemimpin penelitian, Amin Salehi Abargouei menyebut susu cokelat sebagai pilihan yang lezat dan murah jika ingin memulihkan diri setelah berolahraga atau menambah tenaga jika tubuh merasa lelah. Efek dari mengonsumsi minuman ini bahkan akan jauh lebih terasa jika dibandingkan dengan minuman energi.

Waspada kenaikan berat badan dan diabetes

Pakar kesehatan Aisling Pigott dari British Dietetic Association menyebut susu cokelat memang memiliki banyak manfaat kesehatan, namun sebaiknya konsumsinya juga dibatasi agar tidak berlebihan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kalori dan gula yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi terlalu sering dan kita cenderung jarang melakukan aktivitas fisik atau olahraga, bisa jadi berat badan akan naik dan risiko untuk terkena masalah kesehatan seperti obesitas atau diabetes pun meningkat.

Manfaat lain dari susu cokelat

Selain bisa membuat tubuh kembali bertenaga, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin minum susu cokelat demi mendapatkan banyak manfaat lainnya.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Membuat tulang dan gigi semakin kuat

Susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin D. kombinasi dari kandungan ini bisa membaut tulang dan gigi menjadi lebih kuat. Selain itu, keberadaan kalsium juga bisa membantu membuat kinerja hormon semakin meningkat.

  1. Membantu memulihkan keseimbangan elektrolit tubuh

Tubuh yang lemas seringkali terkait dengan menurunkannya keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi susu cokelat yang kaya akan potasium, maka keseimbangan elektrolit pun akan bisa dikembalikan sehingga tubuh akan terasa lebih segar.

  1. Membantu menetralisir racun

Susu cokelat ternyata juga bisa membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi tubuh. Hal ini tentu akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Selain itu, hal ini tentu akan membuat kulit menjadi semakin sehat dan cantik.

  1. Mencegah stres

Susu cokelat bisa memberikan efek menenangkan pikiran. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam membuat produksi hormon serotonin meningkat. Hal ini tentu akan membantu kita mencegah datangnya stres, depresi, dan masalah kesehatan mental lainnya.

  1. Mengatasi insomnia

Jika kita mengalami insomnia atau susah tidur, ada baiknya mulai membiasakan diri untuk minum susu cokelat karena susu ini bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks sehingga tentu akan membuat kita lebih mudah terlelap.

Melihat fakta-fakta ini, tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi susu cokelat secara rutin.