Terbit: 12 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mendapatkan kulit yang sehat ternyata tidak harus dilakukan dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit yang dijual di pasaran saja. Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang biasa ditemukan di rumah. Bahkan, bahan-bahan yang ada di dapur banyak mengandung bahan aktif yang ampuh menjaga dan merawat kesehatan kulit. Salah satunya adalah daun seledri atau yang juga disebut dengan coriander dan cilantro. Kendati kerap digunakan sebagai pelengkap sajian, daun seledri memiliki beragam manfaat baik untuk kulit, seperti:

Khasiat Seledri untuk Menjaga Kesehatan Kulit

1. Mencegah Penuaan pada Kulit

Salah satu manfaat dari daun seledri dilansir dari laman NDTV adalah mengatasi penuaan dini. Hal ini dikarenakan oleh adanya kandungan bahan antioksidan pada daun seledri yang menjadikan sel kulit tetap awet muda. Tidak heran mengonsumsi atau pun menggunakan daun selederi dalam perawatan kecantikan Anda menjadikan kulit tetap kencang dan bebas keriput.

2. Mengatasi Jerawat

Kandungan antioksidan pada daun seledri ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Pasalnya antioksidan menjaga sel kulit tetap lembap dan sehat. Kondisi yang demikian akan membuat bakteri penyebab jerawat tidak dapat berkembang biak atau pun menginfkesi kulit. Jadi, jangan heran jika kulit akan senantiasa bersih.

3. Redakan Alergi

Anda mengidap alergi terhadap bahan tertentu? Tenang, jangan terburu-buru mengoleskan sembarang salep. Anda dapat menggunakan daun seledri yang telah ditumbuk untuk mengatasi masalah alergi. Hal ini disebabkan oleh zat anti bakteri pada daun selederi yang disebut dengan dodecenal. Dodecenal sendiri dapat membunuh bakteri hingga jamur penyebab masalah pada kulit.

Siapa yang akan menyangka jika daun yang kerap diremehkan kebaradaannya kini justru dapat digunakan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Selain aman digunakan, daun seledri juga mudah didapatkan sehingga Anda tidak perlu kesusahan mencari bahan satu ini. Jadi, tertarik untuk mencobanya?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi