Mengintip Khasiat Sandalwood Merah untuk Kulit

DokterSehat.Com– Sandalwood merah merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam perawatan kulit ala Ayurveda. Bubuk yang terbuat dari ekstraksi kulit pohon ini bahkan kerap ditambahkan dalam produk-produk kosmetika maupun perawatan kulit. Hal ini disebabkan banyaknya khasiat yang diberikan oleh sandalwood merah untuk kulit. Terkait dengan hal tersebut sandalwood merah untuk kulit, tidak ada salahnya untuk mengintip manfaatnya berikut ini.

1. Menjadikan Kulit Bercahaya

Dilansir dari laman Boldsky, mencampurkan bubuk sandalwood merah dengan bubuk kunyit dapat membantu untuk mencerahkan kulit. Terutama kulit yang mengalami pigmentasi akibat paparan sinar matahari. Tidak hanya itu saja, kandungan zat aktif di dalam bubuk sandalwood merah akan membuat kulit tampak lebih bercahaya karena dapat meluruhkan sel kulit mati yang menumpuk.

2. Mencegah Penuaan

Anda yang sudah memasuki umur 30-an harus waspada dengan sejumlah masalah kulit yang muncul. Salah satu yang paling ditakuti adalah kulit berkeriput dan mengendur. Dua gejala tersebut merupakan tanda dari penuaan yang banyak ditakuti. Pasalnya, keriput dan kulit yang kendur menjadikan penampilan terlihat kurang menarik. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir karena bubuk sandalwood merah mengandung zat yang ampuh mencegah terjadinya proses oxidative stress.

3. Meredakan Jerawat

Berbeda lagi dengan Anda yang memiliki masalah dengan jerawat. Anda dapat menggunakan bubuk sandalwood merah untuk mengatasi jerawat yang meradang. Sebagai tambahan informasi, sandalwood merah dilengkapi dengan zat anti peradangan dan anti bakteri yang akan membantu mengempeskan jerawat sekaligus mengusir bakteri P. Acnes.

Kendati sandalwood menjadi salah satu bahan alami yang paling banyak digunakan dalam merawat kesehatan tubuh, Anda juga dapat menggunakan jenis sandalwood merah. Apalagi sandalwood merah juga kerap digunakan dalam bidang kecantikan, terutama untuk merawat kulit. Keuntungan lainnya, bubuk sandalwood merah ini dapat dikombinasikan dengan bahan alami lain.