7 Khasiat Pisang untuk Kesehatan (No. 3 Belum Banyak yang Tahu)

pisang-doktersehat
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Pisang adalah buah yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan, kita bisa menemukan beragam jenis pisang di pasaran. Kebanyakan orang berpikir jika buah yang tinggi kandungan serat ini hanya akan memberikan manfaat bagi kesehatan pencernaan. Menurut pakar kesehatan, ada banyak sekali manfaat atau khasiat pisang jika kita rutin mengonsumsinya.

Khasiat pisang untuk kesehatan tubuh

Pisang tinggi kandungan protein, kalium, mineral, serat, dan nutrisi-nutrisi sehat lainnya. Asalkan dikonsumsi dengan cara yang tepat, kita bisa mendapatkan banyak khasiat.

Berikut adalah berbagai macam khasiat tak terduga dari rajin makan pisang.

  1. Menurunkan tekanan darah

Jika kita membicarakan makanan yang bisa menurunkan tekanan darah, hal pertama yang terpikir biasanya adalah mentimun. Padahal, pakar kesehatan menyebut pisang juga bisa memberikan manfaat yang sama, lho.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Hypertension Institute, Amerika Serikat, pisang tinggi kandungan kalium yang bisa membantu menyeimbangkan tekanan darah dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh kemampuan mineral ini dalam menurunkan ketegangan pembuluh darah arteri dan vena, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan asupan oksigen pada berbagai organ tubuh.

Penelitian ini juga membuktikan bahwa rutin makan pisang bisa mencegah kolesterol tinggi, stroke, dan serangan jantung.

  1. Meningkatkan fungsi memori

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 silam menghasilkan fakta bahwa di dalam buah pisang terdapat kandungan asam amino triptofan yang bisa berperan layaknya dopamine, hormon yang bisa membuat suasana hati membaik sekaligus membuat daya ingat meningkat. Selain itu, di dalam pisang juga terdapat kandungan magnesium yang cukup tinggi dan bisa membantu membuat otot menjadi semakin rileks.

Pisang juga tinggi kandungan vitamin B6, kandungan ini bisa membantu tidur menjadi lebih nyenyak sehingga akan membuat kesehatan psikis menjadi semakin sehat.

  1. Mengatasi anemia

Penelitian yang dilakukan di Otonom Queretaro University, Meksiko, menghasilkan fakta bahwa kandungan zat besi yang tinggi di dalam pisang bisa membantu mengatasi masalah anemia. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan kandungan lain seperti tembaga yang akan mendukung proses pembentukan sel darah merah. Hal ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Baik bagi kesehatan tulang

Rutin makan pisang akan membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik. Hal ini tentu akan berimbas pada kesehatan tulang yang akan semakin meningkat sekaligus menurunkan risiko terkena osteoporosis.

  1. Baik bagi kesehatan mata

Kandungan antioksidan dan karotenoid di dalam pisang cukup tinggi. Kandungan ini bisa membuat mata menjadi semakin sehat. Selain itu, pisang juga tinggi kandungan mineral yang bisa membantu menurunkan risiko terkena masalah kesehatan mata layaknya glaukoma, degenerasi makula, dan katarak.

  1. Mengatasi masalah datang bulan

Selain buah pisang, jantung pisang ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan, lho. Sering dijadikan masakan di Indonesia, jantung pisang ternyata bisa dijadikan obat tradisional yang mengatasi masalah menstruasi seperti kram perut, perdarahan hebat, hingga sensasi nyeri. Banyak wanita yang mengaku merasa jauh lebih enakan selama fase menstruasi setelah mengonsumsinya.

  1. Mencegah penuaan dini

Penuaan sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi, namun jika kita menerapkan gaya hidup tidak sehat, penuaan bisa berlangsung dengan jauh lebih cepat. Gejala dari hal ini adalah kulit yang terlihat kusam, munculnya keriput, dan kulit yang semakin mengendur. Demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini di usia muda, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi pisang yang tinggi kandungan vitamin B6 dan vitamin C.