Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Peppermint merupakan salah satu tanaman yang kerap digunakan sebagai pemanis hidangan saja. Namun, siapa yang menyangka jika daun peppermint yang juga memberikan sensasi rasa pedas dan dingin ini merupakan bahan alami yang mengandung beragam vitamin dan mineral. Tidak heran jika daun peppermint banyak diolah menjadi produk-produk untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kulit. Salah satu produk yang banyak digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit dengan olahan peppermint adalah minyak peppermint.

Khasiat Peppermint untuk Kulit yang Wajib untuk Dicatat!

1. Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat dari peppermint oil adalah mencerahkan kulit secara alami. Dilansir dari laman Stylecraze, kandungan bahan aktif pada minyak peppermint oil mampu meluruhkan sel kulit serta kotoran yang menyebabkan kulit kusam. Tidak hanya itu saja, kandungan menthol pada peppermint oil juga memberikan senasi dingin yang dapat menyegarkan kulit serta meredakan peradangan atau pun ruam pada kulit. Baik yang disebabkan oleh jerawat mau pun alergi.

2. Mengontrol Jerawat

Memiliki masalah dengan jerawat? Kangan bingung, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada peppermint oil. Penggunaan peppermint oil pada jerawat ternyata dapat membantu meredakan jerawat yang tengah meradang. Kandungan bahan antibakteri pada peppermint oil juga membersihkan bakteri penyebab jerawat secara optimal. Selain itu, mengaplikasikan peppermint oil pada kulit juga ampuh dalam menyerap kelebihan minyak yang kerap memicu munculnya jerawat dan juga menyebabkan penyumbatan pori-pori.

3. Mengeksfoliasi Kulit

Mengeksfoliasi kulit merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan jika Anda ingin menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Aktivitas satu ini tidak hanya ampuh meluruhkan sel kulit mati dan kotoran pada permukaan kulit. Namun juga menstimulasi proses regenerasi sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Anda juga dapat mengombinasikan peppermint oil dengan bahan alami lainnya seperti garam dan gula yang akan membersihkan kulit secara optimal dan memberikan hasil yang glowing.

Wah dibalik kegunaannya yang hanya dijadikan sebagai pemanis hidangan, daun peppermint atau daun mint ini ternyata juga mengandung beragam bahan aktif yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Tidak heran jika sejumlah skincare juga mencampurkan peppermint oil atau ekstrak dari daun ini sebagai salah satu formula unggulan, terutama pada skincare khusus kulit berminyak dan acne-prone. Anda juga dapat menggunakan peppermint oil secara langsung, lho!

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi