Mengenal Khasiat Degi Mirch untuk Merawat Kesehatan Kulit

paprika-untuk-merawat-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Degi Mirch alias paprika merupakan salah satu rempah-rempah yang cukup sering digunakan. Tidka hanya untuk menambah citarasa masakan, paprika bubuk bahkan sudah sejak lama digunakan sebagai bahan baku pengobatan tradisional di sejumlah negara. Lebih lanjut, penggunaan paprika bubuk juga biasa digunakan dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit secara alami. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan zat aktif yang cukup beragam pada paprika atau Degi Mirch.

1. Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat dari paprika bubuk adalah mencerahkan kulit. Hal ini rupanya berkaitan dengan kandungan sejumlah vitamin, zat besi dan beta-karoten yang ada di dalamnya. Dilansir dari laman Stylecraze, beta-karoten merupakan salah satu zat aktif yang mampu mencegah pembentukan melanin. Tidak heran jika kulit akan tampak lebih cerah dan bebas dari kusam.

2. Mencegah Penuaan

Degi Mirch alias paprika ternyata juga dilengkapi dengan kandungan vitamin A. Vitamin A yang juga disebut dengan retinol merupakan salah satu zat alami yang berperan penting dalam mencegah munculnya keriput pada kulit. Tidak heran jika kulit akan terasa lebih kencang dan kenyal.

3. Kulit Lebih Bercahaya

Siapa yang menyangka jika bubuk dari paprika ternyata juga ampuh menjadikan kulit tampak lebih bercahaya. Apalagi kandungan retinol di dalamnya dikenal sebagai salah satu zat aktif yang mampu meluruhkan kotoran dan sel kulit mati secara optimal. Lebih lanjut, adanya kandungan vitamin A juga menstimulasi proses rejuvenasi sel kulit sehingga sel kulit akan menjadi lebih cerah, bercahaya dan lebih sehat.

Bubuk paprika atau Degi Mirch sendiri rupanya kerap digunakan sebagai masker pada kulit wajah. Selain mengandung zat aktif yang berlimpah, Anda juga dapat mengoptimalkan keefektifannya dengan mencampurkan sejumlah bahan lainnya. Misalnya saja seperti air perasan lemon, madu, bubuk kunyit, minyak kelapa dan masih banyak bahan lainnya.