Terbit: 12 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa bilang merawat kesehatan kulit harus dengan menggunakan skincare dari brand ternama? Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah atau dapur Anda. Salah satunya adalah pala yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Rempah-rempah satu ini bahkan sudah sejak lama digunakan sebagai bahan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, termasuk pada kulit pada metode pengobatan Ayurvedha.

Khasiat Pala yang Belum Banyak Diketahui Orang dalam Merawat Kulit

1. Eksfoliant Alami

Kulit kusam biasanya disebabkan oleh tumpukan sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada kulit. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan eksfoliasi secara berkala. Anda yang ingin menjajal eksfoliasi secara alami dapat mencoba pala. Dilansir dari laman Bustle, pala ampuh membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang menempel pada kulit. Tidak hanya itu saja, aroma khas pada pala juga menjadikan kulit terasa lebih relaks.

2. Menyembuhkan Luka dalam Waktu Singkat

Luka, ruam atau pun bekas jerawat pada wajah memang sangat mengganggu penampilan. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan produk khusus yang dapat memudarkan bekas luka dan mempecepat proses penyembuhan kulit. Sayangnya produk yang demikian dijual dengan harga yang cukup tinggi Namun jangan berkecil hati karena Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan pala. Pala yang dikombinasikan dengan madu dan kayu manis akan menyembuhkan sekaligus membersihkan kulit dari noda hitam dan luka.

3. Mengembalikan Kesegaran Kulit

Rempah-rempah satu ini juga mengandung astringent yang cukup tinggi. Tidak heran jika masyarakat India sering menggunakan pala sebagai toner alami yang menyegarkan kulit secara optimal. Tidak hanya menjadikan kulit terasa segar, pala juga mengandung antiseptik yang menjadikan kulit bebas dari infeksi bakteri dan jamur.

Anda dapat menggunakan biji pala atau pala bubuk dalam membuat sejumlah skincare alami seperti di atas. Kombinasikan dengan bahan alami lainnya untuk memberikan hasil yang lebih optimal dan ekstra. Agar hasilnya dapat terlihat dalam waktu singkat, gunakan bahan tersebut secara rutin.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi