Khasiat Minyak Vetiver dalam Merawat Kulit

Minyak-Vetiver-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bicara soal minyak esensial memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi jika berkaitan dengan Asia. Pasalnya, Asia merupakan salah satu wilayah yang menyediakan beragam pilihan minyak esensial. Salah satunya adalah minyak Vetiver yang sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat di Asia dan Afrika. Tidka hanya ampuh mengatasi sejumlah masalah kesehatan pada tubuh, minyak yang memiliki aroma khas dan menenangkan ini juga mampu merawat kulit.

1. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada minyak Vetiver menjadikan minyak satu ini sebagai bahan alami yang ampuh menangkal dampak buruk radikal bebas. Apalagi antioksidan mampu melindungi kulit dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit sekaligus meningkatkan imunitas sel kulit. Lebih lanjut, minyak Vetiver yang ampuh menangkal radikal bebas juga akan mencegah kulit Anda mengalami penuaan yang kerap menyebabkan kulit berkeriput dan kusam.

2. Memperbaiki Jaringan Tisu

Dilansir dari laman Dr. Axe, minyak Vetiver juga dikenal sebagai salah satu minyak yang ampuh mengatasi bekas luka pada kulit. Hal ini lantaran minyak Vetiver mampu memperbaiki kerusakan jaringan tisu pada kulit sehingga luka Anda akan sembuh dalam waktu singkat. Tidak hanya itu saja, ternyata minyak Vetiver juga dapat memudarkan bopeng atau pun jaringan parut yang kerap menghiasi kulit wajah.

3. Mencegah Infeksi

Kulit yang kotor akan menjadi media yang sangat baik untuk perkembangan bakteri, jamur dan virus jahat. Jika dibiarkan begitu saja, bisa-bisa kulit akan mengalami infeksi yang mampu merusak struktur dan lapisan kulit. Apalagi sejumlah infeksi nuga menyebabkan beberapa masalah seperti jerawat, peradangan hingga breakout. Kendati demikian, Anda tak perlu cemas karena hal tersebut dapat dicegah dan diatasi menggunakan minyak Vetiver.

Penggunaan minyak Vetiver ternyata sangat mudah. Selain diaplikasikan pada kulit, Anda juga dapat menambahkannya pada beberapa produk atau bahkan air mandi. Anda juga dapat mengoptimalkan keefektifan dari minyak Vetiver dengan mengombinasikannya dengan bahan lain.