Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minyak esensial merupakan salah satu bahan alami yang kerap digunakan untuk merawat kulit. Tidak hanya mengandung bahan pelembap yang mencegah kulit mengalami kekeringan dan breakout. Minyak esensial juga mengandung nutrisi serta vitamin yang beragam. Salah satu contohnya adalah minyak lavender yang dapat digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kulit berikut.

Khasiat Minyak Lavender untuk Mengatasi Masalah Kulit

1. Gigitan Serangga

Gigitan serangga kerap menyebabkan kulit mengalami peradangan dan gatal. Namun, hal tersebut dapat diatasi hanya dengan mengoleskan minyak lavender. Hal ini lantaran minyak lavender mengandung bahan anti peradangan yang dapat memudarkan ruam akibat gigitan serangga.

2. Jerawat

Tidak hanya tea tree oil yang ampuh mengatasi masalah jerawat. Anda juga dapat menggunakan minyak lavender. Hal ini lantaran minyak lavender dapat mengontrol produksi sebum. Tidak hanya itu saja, mengoleskan minyak lavender juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Eczema

Salah satu masalah kulit yang kerap menyerang banyak orang adalah eczema. Dilansir dari laman Stylecraze, minyak lavender dapat mengurangi efek dari eczema. Hal ini lantaran minyak lavender ampuh dalam melembapkan kulit. Tidak hanya itu saja, minyak lavender juga mengurangi area kulit yang terinfeksi oleh eczema.

4. Mengeluarkan Racun

Kulit yang mengandung banyak bahan racun di dalamnya akan lebih mudah mengalami masalah hingga breakout. Tidak heran jika kondisi satu ini hanya dapat diatasi dengan mendetoksifikasi kulit. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak lavender. Minyak lavender dapat mengeluarkan kandungan zat-zat berbahaya dari alam kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Kendati penggunaan minyak lavender saat ini hanya dikenal sebagai aromaterapi, siapa yang menyangka ternyata minyak tersebut dapat membantu merawat kulit. Bahkan, minyak lavender dapat digunakan untuk mengobati sejumlah masalah kulit yang cukup serius.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi