15 Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

manfaat-minyak-jarak-doktersehat

DokterSehat.Com– Minyak jarak merupakan minyak nabati yang digunakan untuk berbagai tujuan kosmetik dan medis. Minyak jarak dikatakan memberikan manfaat kesehatan bagi wajah dan kulit. Orang biasanya menggunakan minyak jarak sebagai pencahar, tetapi manfaat minyak jarak berpotensi kulit.

Apa Itu Minyak Jarak?

Minyak jarak adalah cairan tembus cahaya yang memiliki warna kuning. Minyak jarak atau castor oil biasanya digunakan sebagai bahan aktif dalam berbagai macam barang rumah tangga, mulai dari produk pembersih hingga cat.

Minyak jarak juga telah digunakan untuk mengobati berbagai kondisi medis, terutama masalah pencernaan.

Minyak jarak dipecah menjadi asam ricinoleic di usus kecil. Ini mempercepat proses pencernaan. Meskipun bukti kurang konklusif, manfaat minyak jarak juga berpotensi untuk wajah dan kulit.

Minyak jarak dan asam ricinoleic dianggap meningkatkan penyerapan di kulit dan kadang-kadang digunakan dalam perawatan berbagai kondisi kulit, termasuk dermatosis, psoriasis, dan jerawat. Ada juga laporan anekdot dari minyak jarak yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata, meskipun tidak ada literatur ilmiah yang mendukung ini.

Dengan melayani sebagai sumber asam ricinoleic dan beberapa asam lemak lainnya, minyak jarak memiliki beberapa sifat yang membuatnya menjadi produk perawatan kulit yang bermanfaat, terutama untuk wajah.

Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Penggunaan minyak jarak dan turunannya juga sangat luas dalam berbagai industri, antara lain digunakan sebagai sabun, pelumas, parfum, cat pewarna dan banyak lagi. Selain itu, khasiat minyak jarak juga bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Selain itu, apa saja manfaat minyak jarak? Selengkapnya simak khasiat minyak jarak lainnya berikut ini:

1. Mencegah sembelit

Minyak jarak telah lama dikenal sebagai obat sembelit atau stimulan pencahar. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa minyak jarak dapat meningkatkan cairan dalam usus besar dan merangsang gerak pencernaan.

2. Menyembuhkan luka

Sebagai obat luar, manfaat minyak jarak dapat digunakan untuk mengobati bisul, abses, dan sakit kepala ringan. Minyak jarak diketahui dapat merangsang penyembuhan jaringan yang keras dan dapat menyembuhkan luka.

3. Mengobati kurap

Manfaat minyak jarak efektif mengobati kurap, masalah umum dan masalah kulit yang membandel di semua kalangan usia. Senyawa aktif yang disebut asam undecylenic yang ditemukan dalam minyak jarak membantu mengobati kurap.

4. Disinfektan luka

Manfaat minyak jarak juga berfungsi sebagai disinfektan yang sangat baik pada luka dan kulit tergores. Sifat antimikroba dalam minyak jarak membuatnya efektif untuk mengobati luka ringan dan goresan. Dan karena memiliki sifat anti-inflamasi, khasiat minyak jarak juga membantu menghilangkan rasa sakit.

5. Mengurangi nyeri sendi 

Bagaimana menggunakan minyak jarak untuk nyeri sendi atau arthritis? Manfaat minyak jarak adalah obat yang bagus untuk mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi. Sifat anti-inflamasi dari minyak jarak membuatnya ideal untuk menghilangkan nyeri sendi, peradangan saraf, dan nyeri otot.

6. Mencegah kulit keriput

Sebuah penelitian di North Carolina State University menyebutkan bahwa ekstrak biji jarak mengandung asam yang dapat memecah minyak di wajah dan menyumbat kelenjar dan pori-pori.

Untuk penggunaannya pada wajah, pertama-tama bersihkan dahulu wajah dengan menggunakan air hangat. Oleskan minyak jarak pada wajah sambil pijat dengan lembut, lalu diamkan selama beberapa saat. Bilas dengan kain yang telah dicelupkan dengan air hangat. Selain mencegah jerawat, manfaat minyak jarak juga baik untuk mencegah penuaan.

7. Mengatasi bibir kering

Khasiat minyak jarak mengandung emolien yang mampu melembabkan bibir kering. Anda dapat mengoleskan langsung pada bibir, diamkan sebentar, lalu membasuhnya dengan air hangat, atau menggunakan pelembab bibir yang mengandung minyak jarak.

8. Mencegah jerawat

Sifat antimikroba dan anti-inflamasi dari minyak jarak membuatnya berguna dalam mengurangi jerawat. Asam rinosinat dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat.

9. Melembutkan kulit 

Minyak jarak juga kaya akan asam lemak lainnya. Manfat minyak jarak dapat meningkatkan kehalusan dan kelembutan saat diterapkan pada kulit wajah.

10. Meratakan warna kulit

Manfaat minyak jarak juga dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit yang sehat, membuatnya membantu dalam memulihkan warna kulit yang tidak merata, karena kandungan asam lemak dalam minyak jarak.

11. Bagus untuk kulit sensitif

Minyak jarak memiliki jumlah komedogenik yang rendah. Ini berarti tidak mungkin menyumbat pori-pori di kulit dan mengurangi risiko mengembangkan komedo, sehingga cocok untuk digunakan pada kulit wajah sensitif.

12. Anti-inflamasi

Minyak jarak dan asam ricinoleic telah memiliki sifat anti-inflamasi. Ini membuat keduanya berguna untuk merawat kulit yang teriritasi.

13. Antimikroba

Manfaat minyak jarak juga dapat melindungi kulit dari infeksi bakteri dengan mencegah mikroba yang dapat menyebabkan penyakit.

14. Pelembab kulit

Kandungan emolien dan trigliserida pada biji jarak berkhasiat untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering atua mengelupas. Mengoleskan minyak jarak dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlihat bersih, lembut dan sehat.

15. Menghidrasi kulit

Minyak jarak memiliki sifat humektan, yang berarti dapat menarik kelembapan dari udara ke kulit, sehingga menjaga kulit terhidrasi.

Efek Samping Minyak Jarak pada Orang Tertentu

Banyak orang menggunakan minyak jarak untuk mengobati berbagai masalah, baik dengan menelan minyak jarak atau mengaplikasikannya ke kulit.

Meskipun manfaat minyak jarak umumnya dianggap aman, namun dapat menyebabkan reaksi yang merugikan dan efek samping yang tidak diinginkan pada beberapa orang dan kondisi tertentu.

1. Menginduksi persalinan

Minyak jarak digunakan oleh profesional medis untuk menginduksi kelahiran. Untuk alasan ini, wanita pada semua tahap kehamilan harus menghindari mengonsumsi minyak jarak.

2. Menyebabkan diare

Meskipun manfaat minyak jarak efektif untuk meringankan sembelit, Anda mungkin mengalami diare jika terlalu banyak mengonsumsi minyak jarak. Diare dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Jadi, jangan terlalu banyak ya, berlebihan itu memang selalu tidak baik.

3. Menyebabkan reaksi alergi

Minyak jarak dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang ketika dioleskan ke kulit. Pertama, cobalah menerapkan sedikit ke bagian kecil kulit untuk melihat bagaimana tubuh Anda bereaksi.