Khasiat Minyak Clary yang Ampuh Merawat Kesehatan Kulit

doktersehat-manfaat-minyak-clary-sage
Photo Credit: Pexels.com/Min An

DokterSehat.Com– Khasiat minyak esensial, terutama yang terbuat dari sejumlah tumbuh-tumbuhan memang mengandung beragam bahan aktif yang dapat merawat kesehatan tubuh. Tidak heran jika penggunaan minyak clary sage ini juga menjadi salah satu referensi dalam merawat kesehatan secara alami. Usut punya usut, kandungan zat aktif pada minyak clary ternyata dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Nah, mungkin banyak dari Anda yang masih belum mengetahui apa sih minyak clary sage. Minyak clary sage sendiri merupakan hasil ekstraksi dari daun tanaman yang bernama salvia sclarea. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman herbal yang berasal dari benua Eropa. Namun, minyak clary sage juga memberikan sejumlah manfaat pada kulit, seperti:

1. Mencegah Jerawat

Dilansir dari laman Organic Facts, salah satu manfaat dari minyak clary sage adalah mencegah serta mengatasi masalah jerawat. Hal ini lantaran minyak clary sage mengandung zat anti bakteri yang ampuh dalam membasmi bakteri penyebab jerawat, P. Acnes. Tidak hanya itu saja, zat anti bakteri pada minyak satu ini juga mencegah kulit mengalami infeksi atau pun breakout.

2. Mencegah Tetanus

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, minyak hasil ekstraksi salah satu tanaman herbal tersebut juga mengandung zat antiseptik yang sangat membantu. Terutama jika kulit tengah memiliki luka terbuka. Luka terbuka sangat rawan terserang sejumlah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi atau bahkan tetanus. Namun, mengaplikasikan minyak clary sage pada luka akan melindungi luka tersebut dan mencegahnya terserang bakteri atau pun mikroba dan jamur penyebab infeksi kulit.

3. Meredakan Ruam

Siapa yang menyangka jika minyak clary sage ternyata juga dilengkapi dengan zat linalyl acetate. Zat satu ini berfungsi sebagai salah satu zat anti peradangan sehingga ampuh untuk meredakan kulit yang mengalami ruam atau pun peradangan. Lebih lanjut, minyak clary sage juga dapat meredakan gatal-gatal, baik yang disebabkan oleh reaksi iritasi mau pun alergi.

Siapa yang menyangka jika minyak hasil ekstraksi daun clary sage ini memiliki beragam manfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kendati demikian, minyak esensial satu ini masih belum dikenal luas oleh masyarakat sehingga keberadaannya pun sedikit sulit untuk ditemukan. Namun, Anda mungkin dapat membelinya di sejumlah toko khusus bahan-bahan herbal.