Terbit: 15 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penggunaan minyak esensial sebagai bahan alami untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan ternyata tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Asia. Masyarakat yang tinggal di benua Afrika ternyata juga melakukan hal yang sama. Masyarakat Afrika, tepatnya yang tinggal di Afrika Selatan kerap menggunakan minyak buchu. Minyak buchu merupakan hasil ekstraksi dari daun tanaman Agothosma Betullina atau Barosma Betullina. Nah, berikut sejumlah manfaat dari minyak buchu yang wajib untuk diketahui.

Khasiat Membersihkan Kulit dengan Minyak Buchu

1. Mencegah Kulit Mengalami Infeksi

Dilansir dari laman Organic Facts, minyak buchu rupanya mengandung antiseptik. Tentu saja hal tersebut dapat digunakan untuk menjaga kulit agar tetap steril dan tidak terinfeksi oleh bakteri, jamur dan virus penyebab sejumlah masalah kulit. Tidak hanya itu saja, kandungan antiseptik pada minyak buchu juga dapat menyembuhkan luka terbuka pada kulit dalam waktu singkat.

2. Meredakan Ruam dan Peradangan

Sejumlah masalah kulit kerap menyebabkan ruam dan peradangan. Tentu saja kondisi demikian kerap kali disertai dengan rasa gatal atau pun nyeri yang sangat menyiksa. Jika dibiarkan, kondisi tersebut justru dapat memicu hal yang lebih berisiko. Nah, untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan minyak buchu dari Afrika Selatan ini. Dilansir dari laman Enjoy Natural Health, minyak buchu mengandung zat anti peradangan yang ampuh meredakan peradangan dan ruam pada kulit dalam wkatu singkat. Tidak hanya itu saja, minyak buchu juga dapat mengatasi masalah eksim dan psoriasis.

3. Melembapkan Kulit

Seperti minyak esensial pada umumnya, minyak buchu juga mengandung moisturizer dalam jumlah tinggi. Moisturizer pada minyak buchu ini akan melembapkan sel-sel kulit secara optimal. Keunggulan lainnya, mengaplikasikan minyak buchu pada kulit juga ampuh mengurangi rasa nyeri, terutama pada bagian persendian. Anda yang kerap mengalami alergi juga dapat mengatasinya dengan menggunakan minyak buchu.

Kendati minyak buchu masih jarang dijual di Indonesia, minyak satu ini sudah banyak diproduksi oleh sejumlah merk produk-produk herbal. Bahkan, minyak buchu juga kerap diolah menjadi produk lain seperti krim atau pun lotion.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi