Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang mengandung beragam bahan aktif di dalamnya. Tidak hanya dilengkapi dengan serat tinggi, brokoli juga diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral.

Khasiat Minyak Biji Brokoli untuk Merawat Kulit

Kendati demikian, ternyata brokoli juga dikenal sebagai salah satu bahan alami dalam industri kecantikan. Ialah minyak biji brokoli yang diklaim mampu merawat dan menjaga kesehatan kulit secara alami.

Berikut penjelasan singkat mengenai khasiat minyak biji brokoli yang dilansir dari laman The Idle Man:

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Khasiat minyak biji brokoli yang pertama tentunya akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit kering. Minyak yang diekstraksi dari biji brokoli ini ternyata mengandung fatty acid yang cukup tinggi.

Seperti yang telah diketahui, fatty acid merupakan salah satu zat alami yang mampu mengunci kelembapan sel kulit secara optimal. Kandungan fatty acid pada minyak biji brokoli juga akan membentuk lapisan pelindung yang ampuh mencegah cairan pada sel kulit merembes keluar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Meredakan Peradangan

Tidak hanya ampuh dalam menjaga kelembapan kulit, minyak biji brokoli juga dilengkapi dengan kandungan arachidonic acid. Zat aktif satu ini berperan sebagai zat yang menenangkan kulit.

Tidak heran jika minyak biji brokoli juga sangat disarankan untuk Anda yang sedang memiliki masalah dengan eksim atau jerawat. Kandungan arachidonic acid dikenal pula sebagai zat anti peradangan yang ampuh meredakan ruam pada kulit, termasuk ruam yang disebabkan oleh jerawat atau pun alergi.

3. Mencegah Kulit Keriput

Selain menjaga kulit tetap sehat, khasiat minyak biji brokoli juga ampuh menjaga kulit terlihat tetap awet muda. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan pada minyak biji brokoli.

Seperti yang telah diketahui, antioksidan merupakan salah satu zat aktif yang berperan penting dalam melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas yang kerap menyebabkan hiperpigmentasi ataupun penuaan.

Saat sel-sel kulit mengalami penuaan, kulit akan menjadi lebih kendur dan muncul garis-garis halus penyebab keriput. Sedangkan kandungan antioksidan pada minyak biji brokoli akan menjaga kulit tetap kencang dan kenyal.

Wah, siapa yang akan menyangka jika minyak biji brokoli ternyata memiliki kandungan zat aktif yang sangat beragam? Bahkan, khasiat minyak biji brokoli juga ampuh dalam menjaga kulit terlihat lebih awet muda.

Kendati demikian, untuk mendapatkan hasil dan khasiat minyak biji brokoli yang optimal, jangan lupa untuk mengaplikasikannya secara rutin!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi