Terbit: 30 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minyak Bay merupakan salah satu minyak esensial yang sangat terkenal di kalangan masyarakat India. Hak ini rupanya berkaitan dengan metode pengobatan tradisional Ayurveda yang kerap menggunakan minyak Bay atau olahan daun Bay. Bahkan, bahan alami satu ini disebut-sebut sebagai bahan yang dapat mengatasi beragam masalah kesehatan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tidak heran jika minyak Bay dapat merawat kesehatan dari kulit dan rambut Anda.

Mengenal Khasiat Minyak Bay untuk Kulit dan Rambut

1. Mengatasi Rambut Berketombe

Rambut berketombe tidak hanya disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang kering saja. Anda yang memiliki jenis kulit kepala berminyak juga dapat terkena masalah satu ini. Hak tersebut rupanya berkaitan dengan infeksi jamur pada kulit kepala yang menyebabkan sel kulit cepat mengalami penuaan dan mengelupas. Selain menggunakan produk khusus rambut berketombe, tidak ada salahnya untuk mengaplikasikannya pula minyak Bay pada kulit kepala dan rambut. Apalagi minyak satu ini dilengkapi dengan zat anti jamur yang ampuh mengusir ketombe.

2. Mengontrol Produksi Sebum

Dilansir dari laman Ayurvedic Oils, minyak Bay ternyata juga dilengkapi dengan kandungan zat aktif yang berperan sebagai astringent. Tidak heran jika penggunaan minyak Bay disarankan pula untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat. Sebagai tambahan informasi, astringent merupakan salah satu bahan aktif yang ampuh dalam mengontrol produksi sebum sekaligus mengecilkan pori-pori kulit.

3. Mengatasi Jerawat

Anda yang memiliki kulit berjerawat juga dapat menggunakan minyak Bay untuk mengatasinya. Apalagi minyak yang terbuat dari ekstraksi bunga dan daun Bay ini mengandung zat anti bakteri. Tidak heran jika minyak satu ini dapat membasmi sejumlah masalah jerawat yang ada.

Selain menggunakan minyak Bay secara langsung, Anda juga dapat mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya. Bisa juga menambahkan minyak Bay pada produk perawatan kulit atau rambut yang kerap Anda gunakan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi