Terbit: 18 November 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat minum jahe sebelum tidur sudah dikenal luas sebagai salah minuman herbal yang bagus untuk kesehatan. Rutin minum teh jahe sebelum tidur memberikan banyak manfaat yang sangat bagus untuk tubuh. Yuk simak informasi selengkapnya!

10 Manfaat Minum Jahe sebelum Tidur untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Kandungan Nutrisi Jahe 

Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk:

  • Vitamin A, B, C, dan E.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Natrium.
  • Zinc.

Jahe juga memiliki 80 kalori dalam 100 gram jahe segar, bersama dengan 2 gram protein, 1 gram lemak, dan 2 gram serat. Ini juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antiseptik, antijamur, dan antivirus.

Manfaat Minum Jahe sebelum Tidur

Mengingat jahe memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, rutin mengonsumsinya tentu akan membantu tubuh menjadi lebih sehat. Banyak orang yang minum teh jahe saat menjelang tidur malam demi memberikan sensasi hangat dan nyaman bagi tubuh. Tidak hanya itu, kebiasaan minum teh jahe hangat sebelum tidur ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan.

Berikut ini manfaat minum jahe sebelum tidur:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan jika minum air rebusan jahe sebelum tidur adalah membantu menurunkan berat badan. Kandungan dalam jahe ternyata bisa membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga lemak dan kalori pun akan terbakar dengan lebih efektif. Hal ini tentu akan berimbas pada berat badan yang menurun dengan efektif.

Namun, tidak hanya mengandalkan teh jahe hangat untuk menurunkan berat badan. Pastikan untuk mengubah gaya hidup lebih sehat seperti menerapkan pola makan yang lebih sehat, rajin berolahraga, dan mendapatkan waktu tidur yang cukup demi mendukung keberhasilan program diet.

2. Membantu Tidur Nyenyak

Jahe dapat membantu menyehatkan pencernaan dan mengurangi rasa mual. Efek ini dapat membantu tubuh untuk tidur lebih nyenyak pada malam hari, yang mungkin menjadi alasan kebanyakan orang menikmati secangkir teh jahe hangat sebelum tidur. Meski begitu, manfaat minum jahe sebelum tidur ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jahe akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin meningkat. Alasanya karena antioksidan bisa melawan paparan buruk radikal bebas yang bisa Anda dapatkan dari berbagai faktor baik itu makanan, minuman, atau polusi udara.

Paparan radikal bebas bisa memicu peradangan yang pada akhirnya menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, rutin minum air rebusan jahe juga bisa membantu tubuh tidak rentan terkena penyakit.

4. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Salah satu penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia adalah diabetes. Penyakit ini biasanya terjadi akibat gaya hidup yang buruk seperti mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar kalori yang berlebihan. Beruntung, manfaat minum jahe sebelum tidur secara rutin bisa menurunkan risiko terkena penyakit ini dengan signifikan.

Kandungan antioksidan dalam jahe ternyata bisa membuat kesehatan pankreas meningkat. Sebagai informasi, organ ini adalah yang bertanggung jawab pada produksi hormon insulin untuk mengendalikan kadar gula darah. Ketika produksi insulin terjaga, maka kadar gula darah bisa dimetabolisme menjadi sumber energi sehingga risiko diabetes juga bisa ditekan.

5. Menyehatkan Pencernaan

Mengonsumsi air rebusan jahe sebelum tidur ternyata juga bisa membantu menyehatkan pencernaan. Kandungan antioksidan dari jahe mampu mencegah infeksi pada saluran pencernaan. Kandungan antimikroba dan antibakteri dalam jahe juga bisa mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare.

Melihat fakta ini, tak perlu ragu lagi untuk rutin minum jahe hangat setiap malam sebelum tidur. Sebaiknya tidak menambahkan gula pada minuman ini jika ingin mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Baca Juga: 8 Manfaat Minyak Jahe, Cara Pakai, dan Efek Sampingnya

6. Meredakan Rasa Sakit

Khasiat minum jahe sebelum tidur dapat membantu mengurangi beberapa jenis rasa sakit. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa yang mengalami migrain, peneliti menemukan bahwa minum jahe sebagai terapi tambahan lebih baik daripada hanya mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

7. Menurunkan Kolesterol

Satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe dapat menurunkan kadar kolesterol. Penelitian ini melibatkan tikus makan makanan tinggi kolesterol, yang meningkatkan kolesterol total, trigliserida, dan lipoprotein densitas rendah.

Para peneliti tersebut kemudian memberi makan tikus suplemen yang mengandung jahe, hasilnya bahwa jahe dapat mencegah kolesterol tinggi dalam aliran darah.

Namun, masih memerlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan apakah jahe memiliki efek yang sama untuk kadar kolesterol pada manusia.

8. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Berkat kandungan antioksidan dan vitamin yang ada dalam jahe, manfaat minum jahe sebelum tidur dapat membuat kulit tambah cerah alami. Selain itu, kandungan vitamin A dan C dapat meningkatkan tekstur rambut. Ini karena jahe mampu membersihkan darah dan memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam mengobati dan mencegah penyakit kulit.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Antioksidan dan senyawa kuat lainnya yang terdapat dalam jahe bisa menghentikan peradangan pada otak. Peradangan ini dapat mempercepat proses penuaan dan merupakan komponen yang memicu penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif yang terlihat pada penuaan.

10. Menurunkan Risiko Kanker

Jahe adalah salah satu bahan herbal yang cukup untuk menurunkan risiko kanker, salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Hal ini karena antioksidan dan senyawa aktif dalam jahe yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang membantu menurunkan risiko terkena kanker.

Jika minum air rebusan jahe pada malam hari, maka proses detoksifikasi alami tubuh akan terbantu dengan adanya kandungan antioksidan dan senyawa aktif. Keduanya mampu meluruhkan berbagai macam racun sekaligus membuang berbagai zat sisa yang berpotensi menyebabkan kanker.

Baca Juga: 11 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Mengatasi Batuk-Disfungsi Ereksi!

Cara Membuat Air Jahe

Air jahe dapat tersedia dalam bentuk air jahe atau teh jahe yang bisa Anda minum dalam keadaan hangat atau dingin. Anda bisa membuat air jahe sendiri agar lebih higienis. Cara terbaik untuk membuatnya adalah dengan menggunakan jahe segar.

Berikut ini cara membuat teh jahe yang mudah untuk Anda:

  • Siapkan jahe segar yang telah diparut sebanyak 1,5 sendok teh. 
  • Rebus parutan jahe dengan 4 gelas air.
  • Tambahkan beberapa irisan jahe.
  • Tunggu sampai mendidih.
  • Angkat dari kompor.
  • Biarkan jahe terendam selama sekitar 5-10 menit.
  • Saring air rebusan untuk menyisihkan potongan jahe.
  • Biarkan air jahe sampai dingin atau taruh pada lemari pendingin.
  • Teh jahe siap Anda nikmati dalam keadaan hangat atau dingin.

Minum teh jahe memiliki rasa yang kuat, Anda mungkin dapat menambahkan madu atau lemon untuk meningkatkan rasa. 

Baca Juga: 8 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh Jahe (No. 5 Tak Disangka)

Itulah khasiat minum jahe sebelum tidur yang sangat menyehatkan tubuh. Namun, jangan terlalu banyak karena yang berlebihan itu selalu tidak baik untuk kesehatan!

 

  1. De Pietro, MaryAnn. 2018. Is drinking ginger water good for health?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322257. (Diakses pada 18 November 2020)
  2. Krebs-Holm, Laura. 2020. Ginger: Health Benefits, Nutrition, and Recipes. https://www.emedihealth.com/ginger-benefits-risk.html. (Diakses pada 18 November 2020)
  3. Norris, Taylor. 2020. What Are the Benefits and Side Effects of Ginger Water?. https://www.healthline.com/health/ginger-water. (Diakses pada 18 November 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi