Manfaat Mentimun Bagi Diabetes

mentimun-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/ Andrew Malone

DokterSehat.Com– Mentimun adalah salah satu sayuran yang dianggap paling baik bagi kesehatan. Sayuran ini dianggap bisa membantu menurunkan tekanan darah. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada banyak sekali manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan dari makan mentimun. Bagi para penderita diabetes misalnya, mereka sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin.

Mentimun juga mampu menurunkan kadar gula darah

Keluarga sayuran labu-labuan seperti mentimun, labu, dan tinda ternyata memang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi penderita diabetes, khususnya dalam hal menurunkan kadar gula darah. Hal ini diungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan tikus percobaan. Penelitian ini membuktikan bahwa kulit dari ketiga jenis sayur dari keluarga labu-labuan ini memang mampu menurunkan kadar gula darah dengan efektif.

Situs Live Science menyebut mentimun sebagai salah satu bahan alami alternatif yang bisa dijadikan hidangan pelengkap saat kita mengonsumsi makanan manis. Mentimun yang rendah karbohidrat namun tinggi kalium, vitamin C, dan vitamin K ini juga bisa dengan mudah dikonsumsi secara mentah.

Setelah kita memakannya, kandungan di dalam mentimun seperti antioksidan bisa membantu memperlambat proses pelepasan glukosa ke dalam darah. Hal ini tentu akan bisa mencegah lonjakan kadar gula darah, sesuatu yang sangat dihindari oleh oleh penderita diabetes karena bisa berujung pada datangnya komplikasi yang berbahaya.

Sayur dan buah lain yang sangat disarankan bagi penderita diabetes

Selain mentimun, pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali jenis sayuran dan buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Berikut adalah berbagai jenis sayuran dan buah tersebut.

  1. Asparagus

Asparagus termasuk dalam bahan makanan yang rendah gula dan bahkan tidak memiliki lemak sama sekali. Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan vitamin A, C dan K. Bagi penderita diabetes, mengonsumsi asparagus secara rutin bisa membantu mempercepat laju sistem metabolisme sehingga akan berpengaruh besar bagi terjaganya kadar gula darah di dalam tubuhnya.

  1. Brokoli

Brokoli sering dikonsumsi oleh mereka yang sedang berada dalam program diet. Dalam realitanya, kadar serat di dalam sayuran ini memang sangat tinggi sehingga bisa membantu menyehatkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Hanya saja, bagi penderita diabetes, sayuran ini sangatlah direkomendasikan karena adanya kandungan kalsium dan antioksidan di dalamnya yang bisa membantu menjaga kadar gula darah.

  1. Kubis

Kubis termasuk dalam sayuran yang tidak memiliki kandungan gula sehingga cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hanya saja, di dalamnya terdapat kandungan purin yang dikhawatirkan bisa menyebabkan peningkatan risiko asam urat sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan.

  1. Tomat

Tomat termasuk dalam sayuran yang rendah lemak dan gula. Jika penderita diabetes rutin mengonsumsinya, kadar gula darah di dalam tubuhnya akan tetap terjaga. Selain itu, kandungan di dalam tomat juga bisa menyehatkan kulit.

  1. Bit

Buah bit kaya akan kandungan potasium, zat besi, serat dan rendah gula sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Lettuce

Lettuce tinggi kandungan asam folat, zat besi, dan mangan yang sangat baik bagi kadar gula darah. Selain itu, kandungan ini juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh tetap prima. Di dalam lettuce juga tergolong rendah kandungan gula sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Avokad

Avokad termasuk dalam buah yang kaya akan nutrisi sehat seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B6. Kaya akan kandungan lemak sehat, avokad rendah gula sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.