Terbit: 18 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit harus diwaspadai oleh manusia adalah penyakit jantung. Telah banyak kasus kematian dari penyakit ini. Demi mencegahnya, ada baiknya kita mengubah pola makan menjadi lebih sehat, termasuk dalam hal menghindari makanan tinggi lemak dan kolesterol seperti gorengan atau makanan cepat saji. Selain itu, ada baiknya kita lebih sering mengonsumsi makanan rebusan yang jauh lebih sehat dan aman.

Makanan Rebusan Lebih Baik Bagi Jantung?

Jika kita cermati, makanan yang direbus atau dikukus cenderung tidak membutuhkan bahan tambahan. Bahkan, kita bisa saja menggunakan rempah-rempah sehat tanpa tambahan garam atau penyedap rasa dan sudah mendapatkan masakan dengan rasa yang enak. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika garam dan penyedap rasa bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, dengan merebus atau mengukus makanan, kita juga bisa menghindari penggunaan minyak yang bisa mempengaruhi kadar kolesterol tubuh.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan garam berlebihan karena kandungan sodium di dalamnya bisa memicu peningkatan tekanan darah yang tentu akan membuat kita lebih rentan terkena hipertensi. Selain itu, ada baiknya kita menghindari makanan kemasan seperti makanan kalengan, daging olahan, makanan cepat saji, dan berbagai produk olahan lainnya. Makanan-makanan ini memiliki kandungan garam, pengawet, dan penyedap rasa yang sangat tinggi.

Selalu pastikan untuk mengecek produk makanan yang kita konsumsi sehingga kita bisa memastikan seberapa banyak kadar nutrisi dan bahan-bahan di dalamnya. Hal ini bisa membantu kita mengatur pola makan agar tidak mengonsumsi gula, garam, dan bahan-bahan lainnya dengan berlebihan.

Jika kita ingin memasak sayur, ada baiknya kita tidak memasaknya dalam waktu yang terlalu lama demi mencegah hilangnya kandungan gizinya. Hanya saja, pastikan untuk mencucinya dengan bersih terlebih dahulu demi menghilangkan kotoran atau bahkan kandungan pestisida di dalamnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Jika kita bisan dengan makanan rebusan atau kukusan, kita juga bisa membakar atau memanggang beberapa jenis makanan demi mendapatkan sensasi renyah saat memakannya. Selain itu, pastikan untuk rajin berolahraga, tidur cukup setiap malam, dan tidak mudah terkena stress demi mencegah datangnya penyakit jantung.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi