Terbit: 28 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meski sudah dikenal luas sebagai bahan makanan yang sangat baik bagi kesehatan, dalam realitanya masih jarang orang yang terbiasa makan madu. Padahal, jika kita rutin mengonsumsinya, bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

7 Khasiat Makan Madu di Pagi Hari

Berbagai Manfaat Makan madu di Pagi Hari

Salah satu waktu yang dianggap paling cocok untuk mengonsumsi madu adalah di pagi hari. Tak hanya dimakan langsung, madu juga bisa dijadikan pemanis bagi minuman seperti teh, hingga ditambahkan pada beberapa jenis makanan seperti roti. Satu hal yang pasti, rutin mengonsumsinya akan membuat kita mendapatkan banyak manfaat.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

  1. Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsi madu di pagi hari adalah membantu menurunkan berat badan. Sebenarnya, hal ini lebih disebabkan oleh madu yang bisa kita jadikan pengganti gula yang sering kita jadikan tambahan pada minuman hangat layaknya teh.

Tak hanya memiliki kandungan kalori yang lebih rendah, komposisi gula alami yang ada di dalam madu seperti fruktosa, sukrosa, glukosa, serta maltose berbeda dibandingkan dengan yang ada dalam gula pasir. Ditambah dengan kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya, rutin makan madu akan membuat laju metabolisme menjadi semakin cepat dan akhirnya membantu berat badan menurun.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  1. Bisa Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat dan Bersih

Di dalam madu terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Tak hanya bisa membantu meningkatkan sistem imun, hal ini juga akan membuat berbagai macam racun bisa disingkirkan dari dalam tubuh. Dampaknya tentu akan membuat kulit menjadi lebih bersih, cantik, dan sehat. Kandungan anti bakteri di dalam madu juga bisa memberikan manfaat yang sama.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Di dalam madu tidak terdapat kolesterol sama sekali. Bahkan, berbagai kandungan di dalamnya seperti vitamin dan antioksidan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Rutin mengonsumsinya tentu akan mencegah masalah kolesterol tinggi.

  1. Bisa Membuat Jantung Lebih Sehat

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa rutin makan madu bisa membuat jantung menjadi lebih sehat. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Kandungan ini bisa mencegah penyempitan pembuluh darah yang bisa saja berujung menjadi serangan jantung yang berbahaya.

Tak hanya mengonsumsinya secara langsung, mencampurkan satu atau dua sendok makan madu ke dalam segelas air juga bisa membuat jantung menjadi semakin sehat.

  1. Bisa Membuat Daya Ingat Semakin Kuat

Kandungan antioksidan di dalam madu bisa membantu melawan stres dan peradangan, termasuk yang ada di dalam otak. Hal ini akan membuat fungsi dari organ ini akan semakin meningkat, termasuk dalam hal menjaga fungsi memori. Selain itu, kandungan kalsium di dalam madu juga cenderung mudah diserap oleh otak dan membuat fungsinya semakin membaik.

  1. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Makan madu secara rutin akan membuat tubuh lebih baik dalam mengelola pelepasan hormon serotonin dan melatonin. Hormon ini bisa membuat kita tidur di waktu yang tepat setiap malam dan mendapatkan waktu tidur yang nyenyak. Hal ini tentu akan membuat badan semakin bugar dan fit.

  1. Membersihkan Saluran Pencernaan

Madu memiliki sifat antiseptik yang sangat kuat. Jika kita rutin mengonsumsinya satu sendok makan saat perut berada dalam kondisi kosong, akan membantu proses pembersihan organ pencernaan dengan cara melawan bakteri-bakteri jahat dan memulihkan luka pada dinding usus.

 

Sumber:

  1. Anonim. 2019. 8 benefits of eating honey every day. southcoastsun.co.za/107587/8-benefits-eating-honey-every-day/. (Diakses pada 28 November 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi