Terbit: 25 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu jenis olahraga yang paling mudah digunakan setiap harinya adalah kardio. Latihan jenis ini jarang sekali menggunakan alat seperti yang sering ditemui di gym. Anda hanya perlu melakukan jalan cepat atau melakukan lari untuk membuat tubuh bergerak dan mendapatkan keringat.

7 Khasiat Lari Pagi bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Stres!

Khasiat Lari Pagi bagi Kesehatan Tubuh

Kita semua sudah tahu kalau lari memang memberikan banyak manfaat pada tubuh. Namun, manfaat apa saja itu terkadang masih mengambang. Apalagi larinya lebih spesifik dilakukan pada pagi hari dan rutin.

Nah, kalau Anda sudah atau sedang merencanakan lari di pagi hari, berikut beberapa hal yang akan didapatkan oleh tubuh.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Melakukan lari pagi secara rutin ternyata mampu membuat kualitas tidur seseorang meningkat. Dari penelitian yang dilakukan pada remaja, melakukan lari sebanyak 3 kali dalam seminggu bisa meningkatkan kedalaman tidur mereka.

Penelitian lain menyebutkan kalau lari yang paling baik dilakukan pada waktu tertentu. Salah satu waktu itu adalah sekitar pukul 07.00 pagi setiap harinya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  1. Meningkatkan Performa Tubuh

Setiap orang memiliki performa tubuh yang berbeda-beda. Ada yang performa tubuhnya sangat kuat dan ada yang sebaliknya. Performa tubuh akan membuat seseorang bisa produktif dan semangat kerja atau tidak.

Kalau Anda melakukan lari di pagi hari, kemungkinan besar, performa akan meningkat. Anda yang awalnya terlihat lemas bisa jadi lebih semangat dalam bekerja atau melakukan aktivitas lain.

  1. Membakar Kalori Lebih Banyak

Menyempatkan lari pagi akan membakar kalori lebih banyak. Meski nantinya saat sarapan defisit akan terpenuhi, Anda tetap akan mendapatkan manfaat lainnya yaitu badan sehat.

Jangan terlalu banyak berharap bisa menurunkan berat badan dari lari. Penurunan berat badan jauh lebih efektif kalau dibarengi dengan diet yang tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi tubuh.

  1. Menurunkan Stres dan Memperbaiki Mood

Kita sering mengabaikan stres yang berlebihan di dalam tubuh dan hanya fokus pada fisik saja. Padahal stres yang terjadi pada tubuh juga memicu beberapa masalah seperti tubuh jadi lemas sampai mengalami obesitas.

Stres dan mood yang terus buruk bisa diatasi dengan banyak cara. Selain dengan melakukan meditasi, stres berlebihan juga bisa diatasi dengan melakukan olahraga secara rutin seperti lari pagi.

  1. Mendapatkan Udara Segar

Melakukan olahraga lari tidak mudah. Mengapa demikian? Karena butuh napas yang kuat dan cairan tubuh yang cukup. Kalau sampai napasnya habis dan tubuh kepanasan, kemungkinan besar bisa memicu pingsan.

Kalau Anda lari pagi hari, selain bisa lebih sehat, suplai udara segar juga bisa didapatkan. Anda juga bisa relaks untuk memulai hari yang baru dan bekerja dengan semangat.

  1. Membentuk Kebiasaan di Pagi Hari

Melakukan olahraga di pagi hari termasuk lari akan membentuk kebiasaan atau gaya hidup yang baik. Dengan terbiasa melakukan olahraga, Anda akan otomatis melakukannya setiap hari tanpa rasa malas.

Olahraga mungkin bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Namun, untuk mempertahankan konsistensi dan memasukkannya ke dalam gaya hidup inilah yang sangat sulit. Lari pagi yang rutin akan membantu Anda punya gaya hidup sehat.

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah normalnya 120/80 mmHg. Namun, dalam kondisi tertentu bisa naik atau malah anjlok. Nah, salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan rutin melakukan olahraga khususnya lari.

Lakukan lari pagi sebanyak 3 kali sampai 5 kali dalam seminggu. Sesuaikan dengan kondisi tubuh yang sedang dimiliki. Durasinya juga menyesuaikan bisa 10-15 menit untuk satu kali sesi.

Cara Lari yang Benar

Lari memang memberikan cukup banyak manfaat untuk tubuh khususnya yang dilakukan pagi hari. Namun, kita tidak bisa sembrono melakukan olahraga ini karena bisa memicu beberapa masalah seperti cedera.

Sebelum berlari baik dengan intensitas rendah sampai tinggi, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Jangan sekali-kali berlari tanpa menggunakan alas kaki sama sekali. Anda wajib menggunakan sepatu kets atau sepatu yang dibuat khusus untuk berlari. Kalau Anda hanya melakukannya tanpa alas, kaki bisa cedera.
  • Pilih pakaian yang nyaman mulai dari atas sampai bawah. Baju harus nyaman dan mampu menyerap keringat. Sementara itu bagian celana juga harus elastis dan tidak mengganggu pergerakan.
  • Sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berlari. Pemanasan dilakukan untuk membuat otot di kaki jadi relaks dan tidak akan memicu terjadinya cedera.
  • Lari sesuai dengan kemampuan. Setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Tugas Anda adalah menyesuaikan hal itu. Lari pertama tidak perlu sampai jarak jauh dan intensitasnya tinggi.
  • Selalu perhatikan sekitar kalau lari pagi dan masih agak gelap suasananya. Akan lebih aman dilakukan di lapangan.

Demikianlah beberapa ulasan tentang efek lari di pagi hari yang akan didapatkan oleh semua orang. Sebenarnya lari bisa dilakukan kapan saja dan tidak harus pagi. Namun, lari pagi ada keistimewaan sendiri baik dari segi cuaca maupun fisik.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda dan bisa segera digunakan sebagai rujukan sebelum berolahraga. Ingat, selalu perhatikan keselamatan agar tidak melukai tubuh saat berlari.

 

 

Sumber:

  1. Frothingham, Scott. 2019. Is It Better to Go Running in the Morning?. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/running-in-the-morning#effect-on-sleep. (Diakses pada 25 Oktober 2019)
  2. Johnson, Jeffrey. 2018. 10 Health Benefits of a Morning Run. https://blog.thefabulous.co/10-benefits-morning-run/. (Diakses pada 25 Oktober 2019)
  3. Braverman, Jody. 2019. The Benefits of Running in the Morning. https://www.livestrong.com/article/495017-the-benefits-of-running-in-the-morning/. (Diakses pada 25 Oktober 2019)
  4. Amanda. 7 Benefits to Running in the Morning and How to Make the Shift. https://www.runtothefinish.com/how-to-start-running-in-the-morning/. (Diakses pada 25 Oktober 2019)

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi