7 Khasiat Makan Kurma Muda untuk Berbuka Puasa

kurma-muda-doktersehat
Photo Source: Flickr/fischerfotos

DokterSehat.Com– Kebanyakan produk kurma yang ada di Indonesia adalah yang sudah benar-benar matang atau tua dengan warna kecokelatan atau kehitaman. Padahal, ada jenis kurma lain yang juga bisa kita konsumsi, yakni kurma muda. Kurma ini memiliki warna kekuningan. Sebenarnya, apakah kurma muda ini juga bisa dikonsumsi saat berbuka puasa?

Berbagai Jenis Kurma

Kurma dikenal luas sebagai buah dengan rasa manis yang kuat. Meski memiliki kandungan kalori yang bisa membantu tubuh mengembalikan energi dengan cepat, indeks glikemik kurma cenderung rendah sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk oleh penderita diabetes.

Sebenarnya, ada banyak jenis kurma yang bisa kita pilih. Selain yang berwarna kecokelatan atau hitam, ada juga kurma muda yang memiliki warna merah, hijau, atau kuning. Hanya saja, kebanyakan orang memilih untuk mengonsumsi kurma muda berwarna kekuningan karena rasanya yang tidak terlalu asam dan masih memiliki sensasi renyah dan manis.

Manfaat Makan Kurma Muda Saat Berbuka Puasa

Pakar kesehatan menyebut kurma muda juga bisa memberikan manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara rutin, termasuk saat berbuka puasa.

Berikut adalah manfaat kesehatan tersebut.

  1. Baik bagi kesehatan tulang

Kurma muda dengan warna kekuningan ternyata memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Sebagaimana kalsium, kandungan magnesium ini baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Tak hanya membuat tulang menjadi lebih kuat dan terjaga kepadatannya, magnesium juga bisa membantu mencegah osteoporosis atau masalah pengeroposan tulang yang rentan terjadi di usia lanjut, khususnya bagi kaum hawa.

Kurma muda bisa kita konsumsi secara rutin, baik itu di bulan puasa atau di hari biasa demi mendapatkan manfaat kesehatan ini.

  1. Bisa mengembalikan energi dengan cepat

Sebagaimana kurma pada umumnya, kurma muda juga bisa membantu mengembalikan energi dengan cepat. Sebagaimana kita ketahui, saat berpuasa kita tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman dalam waktu yang lama sehingga bisa membuat tubuh kehilangan energi. Dengan mengonsumsi kurma, termasuk kurma muda yang memiliki kandungan kalori yang tinggi, maka energi bisa segera dikembalikan dengan cepat sehingga membuat tubuh kembali bugar.

  1. Bisa membantu mencegah stroke

Kurma muda tinggi kandungan zat besi yang mendukung pembentukan sel-sel darah. Hal ini bisa membantu mencegah datangnya anemia. Selain itu, kandungan ini juga bisa berperan dalam kelancaran sirkulasi darah. Hal ini tentu akan membuat risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi yang bisa memicu datangnya stroke atau penyakit kardiovaskular berbahaya lainnya bisa ditekan.

  1. Baik bagi kesehatan pencernaan

Sebagaimana kurma yang sudah matang, kurma muda juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Keberadaan serat ini bisa membantu mengatasi dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit saat berpuasa. Sebagai informasi, banyak orang yang mengeluhkan gangguan pencernaan di bulan puasa akibat berubahnya pola makan harian.

Keberadaan serat yang tinggi ini juga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Bisa membuat daya ingat menjadi lebih kuat

Kurma ternyata memiliki kandungan nutrisi yang bisa semakin menyehatkan otak. Rutin mengonsumsinya juga bisa membuat daya ingat menjadi semakin kuat dan mencegah masalah pikun di usia lanjut.

  1. Mengatasi perdarahan

Jika kita mengalami luka atau perdarahan, makan kurma bisa membantu proses penyembuhan luka tersebut. Sebagai contoh, ibu yang baru saja melahirkan disarankan untuk makan kurma muda demi mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Bisa meningkatkan kesuburan

Kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi di dalam kurma muda bisa dikonsumsi oleh pria atau wanita yang sedang menjalankan program kehamilan.