8 Khasiat Ketumbar, Bisa Cegah Hipertensi dan Diabetes!

ketumbar-doktersehat
Photo Source: Flickr/Steven Jackson

DokterSehat.Com– Salah satu bumbu masakan yang paling sering kita gunakan di dapur adalah ketumbar. Bentuknya yang berupa biji-bijian kecil sering dianggap mirip dengan merica. Tak hanya mudah ditemukan di berbagi tempat dengan harga yang murah, ketumbar ternyata juga bisa menyediakan banyak manfaat kesehatan, lho.

Berbagai manfaat kesehatan dari ketumbar

Kebanyakan orang hanya mengetahui kemampuan ketumbar dalam membuat rasa masakan menjadl lebih nikmat. Padahal, ketumbar juga menyimpan banyak khasiat.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari ketumbar.

  1. Bisa mencegah diabetes

Meski ukurannya kecil, ketumbar termasuk dalam makanan yang tinggi kandungan serat, lho. Hal ini berarti, sering mengonsumsinya bisa membantu mengendalikan kadar gula darah. Hal ini bisa mencegah datangnya diabetes. Selain itu, bagi mereka yang sudah menderita penyakit ini, makan ketumbar bisa membantu mencegah datangnya komplikasi diabetes yang berbahaya.

  1. Mengendalikan tekanan darah

Ketumbar ternyata memiliki kandungan yang bisa menurunkan tekanan darah dengan efektif. Hal ini berarti, tak hanya bisa membantu mencegah datangnya hipertensi, hal ini juga bisa membantu penderita masalah kesehatan ini mengendalikan tekanan darahnya.

  1. Bisa mengatasi masalah jantung bengkak

Jantung membengkak adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh kinerja jantung yang jauh lebih keras dari biasanya. Penyebabnya adalah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang terkait dengan menumpuknya plak atau kolesterol. Karena bekerja dengan terlalu keras, maka otot jantung pun akhirnya meradang dan membengkak.

Dengan mengonsumsi ketumbar yang diolah dengan air panas, maka kita bisa mengatasi masalah kesehatan yang berpotensi mematikan jika tidak ditangani dengan baik ini.

  1. Bisa mengatasi flu atau pilek

Di dalam ketumbar terdapat kandungan antioksidan dan vitamin C yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungannya juga bisa merangsang produksi kolagen pada tubuh. Berbagai hal ini akan membantu mengatasi flu atau pilek dengan efektif. Meskipun sering dianggap sebagai penyakit ringan, dalam realitanya flu dan pilek bisa membuat kita kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal, kan?

  1. Mencegah anemia

Di dalam ketumbar terdapat kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan ini bisa membantu proses pembentukan sel darah merah dengan efektif sehingga akan mengatasi masalah anemia. Tubuh pun akan terasa jauh lebih bugar dan berenergi. Selain itu, kandungan ini juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tulang dengan efektif.

  1. Membuat nafsu makan meningkat

Jika kita mengalami masalah penurunan nafsu makan, dikhawatirkan tubuh akan lebih mudah jatuh sakit akibat menurunnya asupan nutrisi. Bagi anak-anak, rendahnya nafsu makan bisa berimbas pada gangguan perkembangan dan pertumbuhan. Dengan mengonsumsi rebusan biji ketumbar, kita bisa kembali meningkatkan nafsu makan sehingga membantu memperbaiki pola makan sehari-hari.

  1. Bisa mengatasi gangguan pencernaan

Jika kita mengalami masalah sindrom iritasi usus besar, tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi ketumbar demi mengatasinya. Beberapa jenis gangguan pencernaan lainnya yang bisa diatasi oleh bahan rempah ini adalah diare, masalah perut kembung, susah buang air besar, bahkan cacingan.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang ada di dalam ketumbar yang bisa membantu memperbaiki pergerakan usus. Selain itu, produksi enzim pencernaan juga bisa semakin meningkat sehingga akan membuat laju pencernaan membaik.

  1. Bisa mengatasi keputihan

Air rebusan ketumbar disebut-sebut bisa membantu mengatasi masalah keputihan, kondisi yang banyak menyerang para wanita. Hanya saja, mereka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter jika ingin menggunakan bahan alami ini.

Melihat fakta ini, tak perlu ragu lagi untuk sering-sering mengonsumsi ketumbar. Banyak manfaat kesehatannya kok.