9 Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan

Doktersehat-manfaat-sari-kurma

DokterSehat.com – Buah kurma adalah buah yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia dan mudah ditemui saat memasuki bulan Ramadan. Banyak manfaat kurma yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan di dalamnya seperti zinc, magnesium, fosfor, selenium dan mangan. Selain daging buahnya, masyarakat juga mengenal ekstra kurma yaitu sari kurma. Apakah manfaat sari kurma sama dengan buah kurma?

Mengenali Manfaat Sari Kurma

Sari kurma adalah minuman herbal yang berasal dari buah kurma, di mana semua manfaat buah kurma bagi kesehatan bisa Anda dapatkan. Daging buah kurma mengandung zat gula sederhana yaitu yaitu zat fruktosa dan dekstrosa.

Zat-zat ini sangat mudah sekali dicerna dan dapat dengan cepat mengisi energi tubuh. Kandungan lainnya adalah protein, lemak, mineral, zat besi, serta zat asam folat.

Selain itu, buah kurma juga sangat kaya akan serat dan menjadi sumber kalium yang sangat baik sekali. Dalam 5 butir buah kurma (kurang lebih sekitar 45 gram) kurang lebih berisi kandungan zat 115 kalori, dan hampir semuanya adalah zat karbohidrat.

Berikut adalah beberapa manfaat sari kurma dan kaitannya dengan penyakit tertentu:

  1. Mencegah penyakit kanker

Buah kurma juga merupakan sumber vitamin A dan telah dikenal memiliki sifat antioksidan sehingga sangat penting sekali dan bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin A ini juga sangat diperlukan untuk menjaga kulit agar selalu tetap sehat. Sering mengonsumsi buah-buahan alami yang banyak mengandung vitamin A diketahui bisa untuk membantu melindungi terjadinya penyakit kanker paru-paru dan rongga mulut.

  1. Meningkatkan kadar oksigen dalam darah

Buah kurma juga menjadi sumber zat besi yang sangat baik sekali. Zat besi merupakan satu komponen dari hemoglobin yang terdapat di dalam sel darah merah yang bisa menentukan daya dukung oksigen darah.

  1. Menjaga kesehatan usus

Pada buah kurma ini banyak sekali mengandung serat dan dapat mencegah penyerapan kolesterol LDL yang terjadi dalam usus. Selain itu, kandungan serat yang terdapat dalam buah kurma juga dapat membantu melindungi selaput lendir pada usus dengan mengurangi paparan dan dapat mengikat bahan kimia yang dapat menyebabkan terjadinya kanker usus besar.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan zat kalium yang terdapat di dalam buah kurma merupakan komponen sangat penting dari sel dan cairan tubuh yang bermanfaat untuk membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, hali ini akan memberikan perlindungan terhadap serangan penyakit jantung koroner dan penyakit stroke.

  1. Melancarkan buang air besar

Manfaat sari kurma selanjutnya adalah dapat menjadi makanan laksatif alami, sehingga sangat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar serta dapat mencegah konstipasi

  1. Mencegah infeksi

Karena buah kurma mengandung zat antioksidan yang dikenal sebagai tanin, maka manfaat sari kurma juga dipercaya sebagai anti-infeksi, anti-inflamasi serta anti-hemoragik.

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat sari kurma lainnya adalah dipercaya mampu mendukung pembentukan tulang dan gigi karena zat kalsium di dalamnya. Selain itu, kalsium juga sangat dibutuhkan tubuh untuk kontraksi otot, membentuk pembekuan darah normal dan menunjang fungsi saraf.

  1. Menigkatkan produksi sel darah merah

Manfaat sari kurma yang juga tak kalah penting karena kandungan zat tembaganya. Zat tembaga pada buah kurma diperlukan oleh tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Produksi sel darah merah yang kurang, rusaknya sel-sel darah merah dalam tingkat yang tinggi, dan kehilangan darah dapat menyebabkan seseorang terkena anemia.

  1. Mengontrol gula darah

Kandungan serat pada buah kurma dapat membantu mencegah kadar gula darah yang meningkat terlalu tinggi setelah makan. Selain itu, buah kurma dapat membantu mengontrol gula darah karena indeks glikemik yang rendah dan berfungsi sebagai antioksidan.

Nah, itulah manfaat sari kurma yang bisa Anda dapatkan. Namun, konsumsi sari kurma sebaiknya sesuai dengan aturan penggunaan yang terdapat pada kemasan dan jangan konsumsi sari kurma berlebihan.