Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan

minyak-cengkeh-untuk-jerawat-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/Miguel Á. Padriñán

DokterSehat.com – Tak hanya memiliki aroma yang khas, manfaat cengkeh juga baik bagi kesehatan. Cengkeh juga kerap digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Selain itu, khasiat cengkeh ternyata juga mempunyai kemampuan membersihkan dan sifat anti-inflamasi yang baik.

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Ada banyak khasiat cengkeh yang terkandung dalamnya, antara lain:

1. Memperbaiki pencernaan

Cengkeh memperbaiki pencernaan dengan merangsang sekresi enzim pencernaan. Cengkeh juga baik untuk mengurangi perut kembung, iritasi lambung, dispepsia, dan mual. Cengkeh dapat dipanggang, digiling, atau diambil dengan madu untuk bantuan dalam gangguan pencernaan. Ahli pemenang penghargaan naturopati Dr. H.K. Bakhru dalam bukunya [3] Herbal yang Menyembuhkan: Natural Remedies for Good Health mengatakan. Ramuan ini juga merupakan obat yang efektif untuk diare dan disentri kronis.

2. Melindungi hati

Cengkeh mengandung sejumlah besar antioksidan, yang ideal untuk melindungi organ dari efek radikal bebas, terutama hati. Metabolisme, dalam jangka panjang dapat meningkatkan produksi radikal bebas dan profil lipid, sementara mengurangi antioksidan di hati. Ekstrak cengkeh sangat membantu dalam menangkal efek ini dengan sifat hepatoprotektifnya.

3. Kontrol diabetes

Cengkeh telah digunakan dalam banyak obat tradisional untuk sejumlah penyakit. Salah satu penyakit tersebut adalah diabetes. Pada pasien yang menderita diabetes, jumlah insulin yang diproduksi oleh tubuh tidak mencukupi, atau tidak diproduksi sama sekali. Ekstrak dari cengkeh meniru insulin dengan cara tertentu dan membantu mengendalikan kadar gula darah. Hal ini dikonfirmasi dalam penelitian oleh Dr. Ratna Chakraborty Prasad dkk.

4. Menguatkan tulang

Ekstrak hidrokarbon dari cengkeh termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya, seperti flavon, isoflavon, dan flavonoid. Ekstrak ini sangat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang, serta meningkatkan kekuatan tulang dalam kasus osteoporosis.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ayurveda (pengobatan India) menjelaskan tanaman tertentu agar efektif dalam mengembangkan dan melindungi sistem kekebalan tubuh. Salah satu tanaman tersebut adalah cengkeh. Kuncup bunga kering cengkeh mengandung senyawa yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih, dengan demikian, meningkatkan hipersensitivitas tipe tertunda.

Manfaat cengkeh lainya:

1. Cengkeh mampu membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan mikroba. Dengan mengonsumsi beberapa cengkeh maka dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

2. Cengkeh dapat membantu melindungi kerusakan yang disebabkan mikroba. Selain itu, dapat membantu merangsang energi dalam setiap bagian tubuh.

3. Cengkeh dapat membantu meringankan nyeri saat sakit gigi. Dengan memberikan sepotong cengkeh pada gigi yang sakit, maka nyeri akan mereda.

4. Cengkeh mengandung eugenol yang memberikan aroma khas, meredakan nyeri saat sakit gigi, dan membersihkan bakteri dalam mulut.

5. Tak hanya sebagai perlindungan dari dalam. Manfaat cengkeh juga bisa melndungi tubuh dari gigitan nyamuk.

6. Cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi sehingga mampu mengobati peradangan dan infeksi.

7. KHasiat Cengkeh memiliki sifat pemurnian dimana rempah ini dapat membantu memurnikan darah.

Anda cukup menambahkan cengkeh pada pola diet makan Anda dalam bentuk kari, sup dan hidangan utama untuk mendapatkan manfaat maksimal. Selamat Mencoba, Teman Sehat.