15 Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan (No. 9 Khusus untuk Pria)

manfaat-cengkeh-doktersehat

DokterSehat.com – Tak hanya memiliki aroma yang khas, cengkeh adalah salah satu rempah yang sering digunakan dalam membuat makanan, minuman hingga rokok. Selain itu, cengkeh juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Lantas, apa saja manfaat cengkeh untuk kesehatan?

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat cengkeh, sudah sejak lama masyarakat Indonesia menjadikan cengkeh sebagai bumbu rempah dan obat herbal. Selain buah, daun, dan bunga, minyak cengkeh sering dimanfaatkan sebagai obat oles meredakan sakit gigi dan berguna sebagai aromaterapi.

Berikut adalah manfaat cengkeh lainnya yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat cengkeh yang pertama adalah menjaga agar sistem pencernaan berfungsi dengan maksimal. Cengkeh merangsang sekresi enzim pencernaan, mengurangi perut kembung, mengatasi iritasi lambung, dispepsia, dan mual. Selain itu, menurut pakar kesehatan, bagi Anda yang memiliki masalah diare dan disentri kronis, sepertinya Anda harus mendapatkan khasiat cengkeh.

2. Melindungi fungsi hati

Cengkeh mengandung antioksidan, di mana hal itu adalah sebuah kondisi ideal untuk melindungi organ dari efek radikal bebas, terutama hati. Dalam jangka panjang, metabolisme dapat meningkatkan produksi radikal bebas dan profil lipid, serta mengurangi antioksidan di hati.

Guna membantu dalam menangkal efek ini, Anda bisa mendapatkan manfaat cengkeh karena sifat hepatoprotektifnya. Meski begitu, klaim terhadap hal ini membutuhkan penelitian lanjutan.

3. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat cengkeh bagi kesehatan berikutnya adalah kemampuannya mengontrol gula darah. Pada pasien yang menderita diabetes, jumlah insulin yang diproduksi oleh tubuh tidak mencukupi atau tidak diproduksi sama sekali. Ekstrak dari cengkeh meniru insulin yang dengan cara tertentu membantu mengendalikan kadar gula darah.

4. Menguatkan tulang

Ekstrak hidrokarbon dari cengkeh termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya, seperti flavon, isoflavon, dan flavonoid. Ekstrak ini sangat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang, serta meningkatkan kekuatan tulang dalam kasus osteoporosis.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika Anda masih ragu apa manfaat cengkeh bagi tubuh, sepertinya sikap keragu-raguan tersebut harus Anda akhiri. Kuncup bunga kering cengkeh mengandung senyawa yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih.

Manfaat cengkeh bagi kesehatan lanjutannya adalah membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan mikroba. Dengan mengonsumsi beberapa cengkeh, maka kesehatan tubuh akan meningkat. Dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, cengkeh mampu mengobati peradangan dan infeksi.

6. Mengatasi sakit gigi

Manfaat cengkeh berikutnya yang jarang digunakan adalah mengatasi nyeri akibat sakit gigi. Senyawa eugenol yang ada di dalam cengkeh mampu mengurang nyeri di gusi dan gigi. Selain itu, senyawa eugenol juga efektif mengatasi peradangan dan infeksi. Meski begitu, klaim terhadap hal ini membutuhkan penelitian lanjutan.

7. Mengobati tukak lambung

Penipisan lendir lambung atau sering disebut asam lambung kerap menimbulkan tukak lambung. Kondisi ini bisa terjadi dari berbagai macam faktor seperti infeksi atau stres. Konsumsi cengkeh saat Anda mengalami tukak lambung dipercaya mampu mengobati kondisi tersebut.

Sebuah penelitian mengungkapkan, minyak esensial dari cengkeh bisa meningkatkan produksi lendir lambung. Lendir lambung sendiri mempunyai fungsi sebagai penghalang asam lambung sekaligus mencegah luka pada dinding lambung akibat cairan asam lambung. Namun, temuan terkait hal ini masih membutuhkan penelitian lanjutan.

8. Menghambat pertumbuhan bakteri

Sifat antibakteri yang dimiliki cengkeh mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Minyak cengkeh dipercaya mampu membunuh bakteri E.coli. Selain itu, cengkeh juga membantu menghentikan pertumbuhan berbagai jenis bakteri di mulut.

9. Mencegah ejakulasi dini

Minyak cengkeh dipercaya mampu mencegah ejakulasi dini. Sebuah penelitian mengungkapkan, mengoleskan krim yang mengandung bunga cengkeh dengan bahan lain seperti ginseng ke penis, hal itu dapat mencegah terjadinya ejakulasi dini.

10. Membantu mengatasi batuk berdahak

Senyawa eugenol yang terdapat di dalam cengkeh merupakan espektoran yang membantu mengeluarkan dahak pada penderita batuk berdahak.

11. Mengatasi nyeri tenggorokan

Selain membantu mengatasi batuk berdahak, efek antinyeri dan antibakteri pada cengkeh efektif mengatasi nyeri tenggorokan. Manfaat cengkeh lanjutannya adalah membantu menghilangkan sensasi gatal saat radang tenggorokan melanda.

12. Mengurangi nyeri sendi

Khasiat cengkeh berikutnya adalah sebagai antiradang dan antinyeri. Jika Anda mengoleskannya ke daerah yang nyeri, minyak cengkeh dipercaya dapat memberikan sensasi hangat yang membantu relaksasi otot.

13. Sebagai antiseptik

Sifat antiseptik yang ada pada cengkeh bisa dimanfaatkan untuk mencegah infeksi. Oleskan minyak cengkeh pada infeksi jamur, area tubuh yang memar atau luka. Agar tidak memicu iritasi, Anda bisa mencampurkannya dengan air.

14. Meredakan stres

Memiliki aroma yang menenangkan, manfaat cengkeh berikutnya adalah membuat Anda lebih rileks sekaligus mengurangi stres. Kandungan eugenol pada cengkeh efektif merilekskan otot yang tegang akibat stres.

15. Mengatasi jerawat dan masalah di kulit lainnya

Bagi Anda memiliki masalah dengan jerawat, salah satu penanganan yang bisa Anda coba adalah menggunakan manfaat cengkeh. Dampak positif lainnya, minyak cengkeh juga bermanfaat untuk menghilangkan guratan-guratan di kulit. Khasiat cengkeh berikutnya adalah membantu membuat kulit lebih lembut.

Nah, itulah beberapa manfaat cengkeh yang bisa Anda dapatkan. Meski cengkeh memiliki banyak manfaat, perlu diingat bahwa cengkeh juga memiliki efek samping, antara lain berupa reaksi alergi, iritasi pada kulit dan gusi, gangguan hati, dan penghambatan terhadap obat pengencer darah.

Bagi anak-anak, ibu hamil atau menyusui serta mereka yang memiliki gangguan hati sebaiknya tidak mengonsumsi beberapakan makanan yang mengandung cengkeh. Jangan lupa selalu konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mendapatkan manfaat cengkeh.