Khasiat Jamur Reishi untuk Menjaga Kesehatan Kulit

manfaat-jamur-reishi-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/Min An

DokterSehat.Com– Bicara soal perawatan tubuh secara tradisional, Asia merupakan salah satu tempat yang memiliki beragam bahan alami andalan. Salah satunya adalah jamur Reishi. Jamur Reishi atau yang juga disebut dengan jamur keabadian ini kerap digunakan sebagai bahan baku untuk merawat kesehatan kulit. Bahkan sejumlah brand produk perawatan ternama mulai menggunakan jamur Reishi sebagai salah satu bahan andalannya. Sebenarnya apa saja sih manfaat jamur Reishi?

1. Melembutkan Kulit

Dilansir dari laman Organifi, salah satu manfaat dari jamur Reishi adalah melembutkan kulit. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan beta-glucans. Beta-glucans merupakan salah satu jenis gula alami yang membantu mengurangi dampak buruk kerusakan pada kulit. Tidak heran jika bahan satu ini dapat meratakan tekstur kulit dan menjadikan kulit Anda terasa lebih lembut.

2. Meredakan Peradangan pada Kulit

Selain mengandung beta-glucans, jamur Reishi juga dilengkapi dengan zat anti peradangan. Tidak heran jika ekstrak dari jamur Reishi mampu meredakan peradangan yang terjadi pada kulit. Baik peradangan yang disebabkan oleh jerawat mau pun iritasi akibat reaksi alergi.

3. Mencegah Penuaan

Jamur Reishi juga dilengkapi dengan kandungan zat anti penuaan. Tidak heran jika produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak jamur Reishi mampu mencegah munculnya garis-garis halus penyebab kerutan. Lebih lanjut, jamur Reishi juga mampu menstimulasi produksi kolagen dan elastin yang menjadikan kulit tetap kencang dan elastis.

4. Melindungi Kulit

Anda yang menggunakan produk dengan kandungan jamur Reishi ternyata akan mendapatkan perlindungan yang lebih optimal. Pasalnya kandungan zat aktif pada jamur Reishi dapat memperkuat lapisan kulit sehingga mencegah sinar UV menembus lapisan kulit.

Selain dapat digunakan dalam bentuk minyak atau pun krim, jamur Reishi ternyata juga biasa dikonsumsi dalam bentuk teh. Kendati demikian, Anda juga harus mengimbanginya dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Perbanyak konsumsi makanan segar yang mengandung beragam vitamin dan mineral.