Terbit: 4 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Buah grapefruit atau orang Indonesia biasanya menyebut sebagai jeruk bali adalah buah yang memiliki rasa manis dan memiliki rasa sedikit asam. Buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh ini adalah salah satu buah yang dipercaya mencegah dan mengobati penyakit.

10 Manfaat Grapefruit untuk Kesehatan Tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa grapefruit memiliki beberapa manfaat kesehatan yang kuat, termasuk penurunan berat badan hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Berikut adalah manfaat grapefruit yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mencegah penuaan dini

Dilansir dari laman Good Health All, grapefruit merupakan sumber antioksidan. Sebagaimana yang telah banyak diketahui, antioksidan merupakan zat penting yang mencegah dan mengurangi efek penuaan dini seperti garis-garis halus hingga kerutan. Tidak hanya itu saja, grapefruit juga dipercaya memudarkan flek-flek pada wajah.

baca juga: Benarkah Grapefruit Diet Bisa Menurunkan Berat Badan?

2. Mengurangi minyak berlebih

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit oily mau pun acne-prone dapat menggunakan grapefruit sebagai salah satu referensi. Pasalnya, grapefruit mengandung bahan yang berfungsi sebagai astringen alami. Astringen merupakan bahan yang dapat menyegarkan sekaligus menyerap kelebihan minyak pada kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Melindungi kulit bibir

Pemakaian lipstick secara terus-menerus juga akan menghilangkan warna alami bibir. Tidak jarang pula hal tersebut menjadikan bibir mengalami sejumlah masalah. Mengoleskan grapefruit oil mampu mengatasi masalah tersebut. Tidak hanya melembapkan, grapefruit oil juga mengembalikan warna alami bibir.

4. Meluruhkan sel kulit mati

Kandungan salicylic acid pada grapefruit dapat digunakan untuk membersihkan kulit dari sel kulit mati. Sel kulit mati tidak hanya menjadikan kulit lebih kusam. Namun, juga memicu penyumbatan pori-pori yang menyebabkan komedo dan jerawat.

Manfaat grapefruit ternyata sudah sejak lama digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Tidak hanya disantap secara langsung, Anda juga dapat menggunakan olahan grapefruit seperti minyak esensial dalam merawat kulit.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat grapefruit lainnya adalah turut menjaga sistem kekebalan tubuh berjalan dengan baik. Hal ini diperoleh dari kandungan vitamin C nya yang tinggi sehingga mampu melindungi sel-sel dari bakteri dan virus berbahaya.

Selain itu, vitamin A yang terdapat di dalam grapefuit telah terbukti membantu melindungi terhadap  tubuh terhadap peradangan dan beberapa penyakit menular. Grapefruit juga menyediakan sejumlah kecil vitamin B, seng, tembaga dan zat besi–yang semuanya bekerja bersama dalam tubuh untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

6. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang melakukan penurunan berat badan, ada baiknya mencoba untuk mengonsumsi grapefruit. Manfaat grapefruit yang bisa Anda dapatkan ini terkait kandungan serat di dalamnya–karena mampu membuat Anda lebih kenyang sehingga mengurangi asupan kalori.

Sebuah penelitian mengungkapkan, mereka yang mengonsumsi setengah buah grapefruit sebelum makan, mengalami penurunan berat yang signifikan dibanding mereka yang tidak mengonsumsi grapefruit.

Penelitian lain menemukan bahwa orang-orang yang mengalami penurunan ukuran pinggang terjadi ketika mereka mengonsumsi grapefruit setiap hari.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Khasiat grapefruit yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsinya secara teratur adalah terjaganya kesehatan jantung. Manfaat grapefruit ini didapatkan karena buah ini mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang mengonsumsi grapefruit tiga kali sehari selama enam minggu mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan.

Grapefruit mengandung potasium yang cukup tinggi, mineral yang bertanggung jawab untuk banyak aspek kesehatan jantung. Setengah grapefruit menyediakan sekitar 5% dari kebutuhan potasium harian Anda.

8. Mengurangai risiko batu ginjal

Manfaat grapefruit lainnya adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko munculnya batu ginjal yang dihasilkan dari penumpukan bahan limbah di ginjal. Bahan-bahan limbah ini adalah produk-produk metabolisme yang biasanya disaring melalui ginjal dan dikeluarkan dari tubuh dalam air kencing.

Namun, ketika mereka mengkristal di ginjal, limbah metabolisme itu bisa menjadi batu ginjal. Batu ginjal dapat menyebabkan penyumbatan dalam sistem kemih yang bisa sangat menyakitkan.

Asam sitrat yang terdapat di dalam grapefruit memiliki kemampuan untuk meningkatkan volume dan pH urin Anda, yang mana kondisi ini menghasilkan lingkungan yang kurang mendukung pembentukan batu ginjal.

9. Mencegah kanker prostat

Kandungan likopen pada grapefruit dipercaya mampu mencegah perkembangan kanker, terutama kanker prostat. Selain itu, likopen juga dipercaya memperlambat pertumbuhan tumor.

Sedangkan, kandungan beta-karoten pada grapefruit yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dipercaya mampu mengurangi risiko beberapa kondisi penyakit kronis seperti jantung dan gangguan mata seperti degenerasi makula.

baca juga: 7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah yang Mengesankan

10. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Grapefruit mengandung banyak air dan karenanya buah ini sangat melembapkan. Dalam setengah buah grapefruit terdapat 4 ons (118 ml) air, yang mana menyumbang sekitar 88% dari berat totalnya.

Meskipun minum banyak air adalah cara terbaik untuk tetap terhidrasi, makan makanan yang kaya akan air juga dapat membantu tubuh terhidrasi dengan baik.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi