Ungkap 7 Manfaat Bunga Sakura untuk Kulit Secerah Wanita Jepang Berikut Ini!

manfaat-bunga-sakura-doktersehat

DokterSehat.Com – Bunga sakura merupakan lambang kecantikan di negara asalnya, Jepang. Selain cantik untuk dipandang, sakura juga sudah banyak dikenal kemampuannya untuk merawat kulit. Yuk, ketahui lebih jauh tentang manfaat bunga sakura untuk kencantikan melalui artikel ini!

Manfaat Bunga Sakura

Bunga sakura yang memiliki nama latin Prunus yedoensis dikenal sebagai bunga yang memiliki kandungan antioksidan dan asam lemak tinggi yang sangat baik untuk kulit. Kemampuan bunga sakura untuk merawat kulit telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Berikut adalah berbagai manfaat bunga sakura untuk wajah yang bisa Anda rasakan!

1. Melindungi kulit dari radikal bebas

Manfaat bunga sakura untuk wajah yang pertama adalah dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Dilansir dari laman Formula Botanica, ekstrak bunga sakura rupanya mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Bunga sakura memiliki kandungan caffeic acid yang ampuh mencegah oksidasi kulit berlebihan.

Antioksidan dalam bunga sakura mampu untuk membantu mencegah munculnya noda hitam di wajah. Selain itu, bunga sakura juga tentunya dapat mencegah timbulnya penuaan dini, karena radikal bebas merupakan salah satu faktor utama penyebab penuaan.

2. Menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit

Manfaat bunga sakura yang kedua adalah menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit. Tak hanya mengandung antioksidan yang tinggi saja, ekstrak bunga sakura juga dilengkapi dengan fatty acid atau asam lemak. Berkat kandungan ini, bunga sakura dapat membantu memicu produksi kolagen pada kulit.

Kolagen berguna untuk menjaga agar kulit terasa lebih halus dan kenyal. Tidak hanya itu saja, fatty acid juga memperbaiki jaringan tisu sehingga kulit akan terasa lebih lembut. Terjaganya jumlah kolagen pada kulit juga merupakan salah satu kunci kulit yang awet muda.

3. Mencerahkan wajah

Manfaat bunga sakura selanjutnya adalah dapat membantu mencerahkan kulit. Hampir semua produk perawatan dengan kandungan bunga sakura memang memiliki klaim mampu untuk mencerahkan kulit.

Manfaat bunga sakura yang satu ini ternyata berasal dari kemampuan bunga sakura yang mampu untuk mencegah pigmentasi kulit. Bunga sakura dapat mencegah produksi melanin berlebih pada kulit yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi.

4. Melembapkan kulit

Menjaga kelembapan kulit merupakan hal yang sangat penting, baik untuk pemilik kulit kering maupun kulit berminyak. Terkadang penggunaan produk yang salah, cuaca, dan cara membersihkan wajah yang salah dapat menyebabkan kelembapan kulit terganggu.

Menggunakan ekstrak bunga sakura atau pun skin care dengan kandungan bunga sakura juga menjaga kulit tetap lembap. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik adalah salah satu kunci mendapatkan kulit sehat dan terhindar dari berbagi masalah kulit seperti breakout.

 5. Mengecilkan pori-pori kulit

Manfaat bunga sakura untuk kulit yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah mengecilkan pori-pori. Jika pori-pori wajah besar, kotoran dapat mudah teringgal dan bisa menyebabkan jerawat. Pori-pori besar juga membuat make up lebih sulit untuk diaplikasikan di wajah.

Sebuah penelitian dari Oryza Oil dan Fat Chemical Co. Ltd di Jepang membuktikan bahwa bunga sakura memberikan efek dapat mengecilkan pori-pori kulit dan mencegah terjadinya kerutan.

6. Mengatasi peradangan pada kulit

Kulit yang sensitif akan lebih mudah mengalami iritasi dari kulit normal, tapi tentunya semua jenis kulit juga terpotensi untuk mengalami peradangan yang disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari gigitan serangga, goresan, atau akibat infeksi bakteri.

Penelitian lain yang diterbitkan oleh International Journal of Cosmetic Science menunjukkan manfaat bunga sakura lainnya yaitu dapat mencegah peradangan pada kulit. Ya, ekstrak sakura memiliki efek antiinflamasi. Hal ini tentunya membuat bunga sakura dapat mengatasi beberapa masalah kulit seperti iritasi dan juga jerawat.

7. Mengatasi sun burn

Matahari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik untuk kulit. Sinar UV pada matahari juga memiliki sejumlah manfaat untuk kulit. Sayangnya, paparan matahari yang berlebihan juga dapat berbahaya bagi kulit seperti menyebabkan sunburn atau bahkan dapat memicu kanker kulit.

Manfaat bunga sakura selanjutnya adalah dapat mengatasi sunburn. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit menjadi memerah dan iritasi. Ekstrak bunga sakura yang memiliki efek antiinflamasi dan juga dapat menenangkan kulit dapat membantu mengatasi sunburn.

Cara Menggunakan Bunga Sakura untuk Wajah

Bunga yang berasal dari Jepang ini sebenarnya sering dijadikan sebagai bahan makanan. Sakura dapat dijadikan sebagai bahan campuran untuk pudding dan kue. Ada juga yang menjadikannya campuran salad. Selain itu, Anda juga bisa menemukan makanan seperti coklat, ice cream, hingga onigiri dengan rasa bunga sakura.

Bunga sakura masih sangat jarang ditemukan di Indonesia, tapi untuk menemukan berbagai macam produk perawatan wajah yang memiliki kandungan ekstrak sakura, tentunya tidak sulit. Ada banyak sekali merek skin care lokal maupun internasional yang mengeluarkan produk dengan ekstrak.

Jadi cara yang paling praktis untuk mendapatkan manfaat bunga sakura adalah tentu saja dengan menggunakan produk perawatan dengan kandungan ekstrak bunga sakura. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Jangan lupa untuk memastikan keamanan produk dengan cara memeriksa kandungan lainnya dalam produk.

Cara lain untuk mendapatkan manfaat bunga sakura untuk kulit adalah dengan mengonsumsi teh sakura. Jenis teh yang satu ini memang belum umum di Indonesia, tapi jika berkunjung ke negara asal bunga ini, Jepang, teh sakura ini sudah umum untuk dikonsumsi. Teh sakura memiliki berbeda dengan teh biasa, yaitu memiliki sedikit rasa asin.

Itu dia berbagai manfaat bunga sakura untuk kulit. Jika ingin mendapatkan manfaat bunga sakura untuk wajah, maka lakukanlah perawatan dengan rutin dan konsisten. Jangan lupa juga untuk memberenginya dengan pola hidup sehat, agar kesehatan kulit juga terjaga dari dalam. Selamat mencoba!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia