Terbit: 23 Desember 2019
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Manfaat daun jambu biji sudah lama dikenal dapat mengobati diare. Ternyata tidak hanya itu, daun ini berkhasiat mengatasi berbagai kondisi kesehatan, termasuk sebagai anti-bakteri hingga anti-tumor, lho!

10 Manfaat Daun Jambu Biji bagi Kesehatan (Bisa Turunkan Berat Badan!)

Apa yang membuat daun jambu biji berkhasiat adalah karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, di antaranya antioksidan yang tinggi, vitamin C, potasium, dan serat. Daun jambu biji dapat diolah menjadi teh herbal dan ekstrak daunnya sebagai suplemen.

Manfaat Daun Jambu Biji

Untuk mengetahui apa saja khasiatnya, berikut ini daftar khasiat daun jambu biji bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Diare

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi diare. Daun jambu biji  telah dikenal luas sebagai obat alami yang dapat mengatasi diare.

Menurut studi yang dilansir Healthline, ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. Beberapa penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa ekstrak dari daun ini bersifat antimikroba, yang mampu menetralkan mikroba penyebab diare

Anda bisa mendapatkan ekstrak daun jambu biji di apotek-apotek terdekat untuk diminum saat kita mengalami diare, khususnya diare akut. Selain itu, Anda bisa merebus daun jambu biji sebanyak 30 gram dengan segenggam tepung beras di dalam 1 sampai 2 gelas air hingga mendidih. Setelah didinginkan, saring dan minum dua kali sehari.

2. Mengontrol Diabetes

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central Institute di Jepang, teh daun jambu biji secara efektif dapat menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes, dengan mengurangi aktivitas enzim alpha-glukosidase.

Selain itu, dapat mencegah penyerapan sukrosa dan maltosa oleh tubuh, sehingga menurunkan kadar gula darah. Minum teh daun jambu biji secara rutin selama 12 minggu menurunkan kadar gula darah tanpa meningkatkan produksi insulin.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Menumpuknya kadar kolesterol dalam tubuh tentu bisa menimbulkan berbagai penyakit. Rajin mengonsumsi daun jambu biji, secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam pembuluh darah yang berlebihan, sehingga secara tidak langsung hal tersebut dapat mencegah penyumbatan darah, serangan jantung, atau stroke.

4. Anti-Kanker

Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan yang selanjutnya dapat mencegah dan menghentikan perkembangan kanker, berkat kandungan zat anti-kanker dan anti-tumor seperti lycopene, quercetin dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas.

Beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker lambung, kanker prostat, kanker payudara, atau kanker mulut bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi ekstrak daun jambu biji.

5. Mengurangi Gejala Sakit Gigi dan Gusi

Sakit gigi dan gusi tentunya dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Namun, ada kalanya sakit gigi dan gusi muncul secara tiba-tiba hingga tak bisa dihindari.

Jika mengalami sakit gigi dan gusi, Anda bisa berkumur dengan ekstrak daun jambu biji untuk menyembuhkannya. Ekstrak daun jambu biji memiliki zat anti-inflamasi sehingga bisa meredakan sakit gigi dan gusi.

Baca juga: 13 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

6. Mengobati Alergi

Anda sering merasa terganggu dengan penyakit alergi? Anda harus segera mencari obatnya. Salah satu pengobatan alami yang bisa Anda coba adalah daun jambu biji.

Daun jambu biji memiliki zat yang sangat bermanfaat untuk mengobati alergi, yaitu histamin. Nah, jika tiba-tiba mengalami alergi, konsumsilah ekstrak daun jambu biji untuk mengatasinya.

7. Mengurangi Gejala Penyakit Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan pada saluran pernapasan atau bronkus, yang membutuhkan penanganan tepat. Anda bisa menggunakan daun jambu biji sebagai obat alami untuk penyakit bronkitis. Daun ini dapat mengencerkan lendir dalam saluran pernapasan, membuka paru-paru, dan melegakan napas.

8. Mencegah Perdarahan pada Demam Berdarah

Perdarahan yang terjadi pada demam berdarah bisa berujung fatal jika tidak lekas ditangani. Untuk mencegah perdarahan pada pasien demam berdarah, trombosit dalam darah perlu dinaikkan agar perdarahan tidak terjadi. Manfaat daun jambu biji mampu menaikkan jumlah trombosit secara signifikan.

Manfaat ini sudah lama dikenal di masyarakat, sehingga daun ini juga disebut sebagai obat herbal yang paling ampuh untuk demam berdarah.

9. Menurunkan Berat Badan

Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan? Jika ya, Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun jambu biji untuk membantu menurunkan berat badan.

Khasiat daun jambu biji dapat mencegah pati kompleks menjadi gula, sehingga karbohidrat dipecah di hati yang kemudian digunakan oleh tubuh sebagai tenaga. Jadi, konsumsilah ekstrak daun jambu biji secara rutin untuk program diet Anda.

10. Meningkatkan Kualitas Sperma

Bagi Anda yang tengah menjalani program untuk memiliki buah hati, menjaga kualitas sperma sangat penting agar pasangan segera hamil. Selain dengan makan makanan sehat, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji juga bisa meningkatkan kualitas sperma. Tentunya ini akan membawa dampak positif untuk keharmonisan rumah tangga Anda.

11. Meringankan Gejala Nyeri Menstruasi

Banyak wanita menderita dismenore yang ditandai dengan nyeri haid, seperti kram perut. Ada beberapa bukti bahwa ekstrak daun jambu biji bisa mengurangi intensitas nyeri kram menstruasi.

Sebuah penelitian pada sebanyak 197 wanita yang mengalami gejala dismenore menemukan bahwa mengonsumsi 6 miligram ekstrak daun jambu biji setiap hari mengalami penurunan intensitas nyeri haid.

12. Perawatan Luka dan Infeksi

Daun jambu biji memiliki sifat penyembuhan yang dapat mengobati luka. Sumber antibakteri di dalamnya juga dapat mencegah infeksi dan mengurangi peradangan pada rahim untuk mempercepat penyembuhan luka.

Selain untuk luka, teh daun jambu biji juga dapat membantu menyembuhkan infeksi telinga.

13. Mengobati Rambut Rontok

Daun jambu biji yang ditumbuk akan mengeluarkan banyak bahan aktif dan antioksidan. Mengoleskannya pada kulit kepala dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah radang pada kulit kepala, yang menyebabkan kerontokan rambut prematur.

Selain ditumbuk, Anda juga bisa merebus segenggam daun jambu biji dalam satu liter air selama sekitar 20 menit. Setelah dingin, oleskan pada kulit kepala dan pijatkan secara perlahan.

Baca juga: 8 Manfaat Jambu Kristal, Sumber Vitamin C yang Bantu Lawan Berbagai Penyakit!

14. Mengobati Jerawat dan Bintik Hitam

Jerawat dan bintik-bintik hitam tentunya sangat mengganggu penampilan kulit Anda bukan? Nah, daun jambu biji bisa menjadi salah satu solusi yang efektif untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam di kulit. Ini berkat kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Sama seperti perawatan rambut, Anda harus menumbuk beberapa daun jambu biji dan oleskan pada jerawat dan bintik-bintik gelap di wajah. Setelah kering, bilas dengan air hingga bersih. Agar hasilnya maksimal, lakukan cara ini setiap hari.

15. Anti-Penuaan

Daun jambu biji mengandung antioksidan yang mampu menghancurkan radikal bebas, yang dapat merusak kulit, sehingga melindungi kulit dari penuaan serta memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Rebuslah beberapa daun jambu hingga mendidih. Setelah dingin, saring untuk mendapatkan air rebusan yang siapa dioleskan pada kulit.

_

Itu dia beberapa manfaat daun jambu biji yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan, akan tetapi kefektivitasannya belum terbukti secara medis. Pada dasarnya, sebagian besar pengobatan alami hanya mampu meredakan gejalanya saja.

Setelah mengetahui besarnya khasiat daun jambu biji, masih ragukah Anda untuk mengonsumsi daun jambu biji?

 

  1. Borreli, Lizette. 2015. 6 Health Benefits Of Guava Leaves, From Treating Diarrhea To Cancer. https://www.medicaldaily.com/6-health-benefits-guava-leaves-treating-diarrhea-cancer-353666. (Diakses 23 Desember 2019).
  2. Brown, Mary J. 2018. 8 Health Benefits of Guava Fruit and Leaves. https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-guavas#section6. (Diakses 23 Desember 2019).
  3. Saba. 2019. 17 Best Benefits Of Guava Leaves For Skin And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-guava-leaves-for-skin-hair-and-health/#gref. (Diakses 23 Desember 2019).
  4. Staughton, John. 2019. 15 Surprising Benefits Of Guava Leaves. https://www.organicfacts.net/guava-leaves.html. (Diakses 23 Desember 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi