Khasiat Bunga Arnica untuk Menjaga Kulit

manfaat-arnica-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com

DokterSehat.Com– Bunga Arnica Montana atau yang juga dikenal dengan nama Arnica saja merupakan salah satu bahan alami yang dikenal sebagai bahan bahan herbal. Ekstrak dari bunga Arnica sendiri sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Tidak hanya itu saja, bunga Arnica ternyata disebut-sebut sebagai salah satu bahan yang ampuh dalam merawat kesehatan kulit. Berikut khasiat dari bunga Arnica untuk kulit diansir dari laman Fleming Medical.

1. Mengatasi Infeksi Kulit

Bunga yang memiliki kelopak berwarna kuning ini ternyata mengandung zat anti bakteri yang cukup tinggi. Tidak heran jika ekstrak dari bunga Arnica mampu mengatasi sejumlah masalah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Terutama jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri P. Acnes. Lebih lanjut, bunga Arnica juga sangat sesuai bagi pemilik kulit sensitif yang rentan mengalami infeksi. Apalagi ekstrak bunga Arnica dikenal memiliki formula bahan yang lembut di kulit dan tidak menimbulkan alergi.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ekstrak bunga Arnica juga kerap digunakan untuk mengatasi kulit yang terluka. Baik luka yang ditimbulkan oleh jerawat mau pun luka terbuka. Usut punya usut, kandungan zat aktif di dalam bunga Arnica mampu menstimulasi pembentukan jaringan tisu yang baru sehingga kulit akan sembuh dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, bunga arnica juga dilengkapi dengan zat anti peradangan yang mengurangi ruam dan gatal yang disebabkan oleh luka tersebut.

3. Menenangkan Kulit

Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan tentu sudah awam dengan sunburn. Sunburn merupakan kondisi dimana kulit mengalami ruam yang disertai dengan rasa gatal seperti terbakar. Biasanya, sunburn juga ditandai dengan kulit yang memerah. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengoleskan bahan yang dapat menenangkan kulit. Misalnya saja seperti bunga Arnica. Tidak hanya efektif mengatasi sunburn, bunga Arnica juga dapat menenangkan kulit berjerawat atau pun kulit kering.

Anda yang tertarik menggunakan bunga Arnica dapat mengaplikasikan hasil ekstraksi nya yang biasa dikemas dalam bentuk minyak esensial. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan krim dengan kandungan bunga Arnica yang dirasa lebih praktis. Agar hasilnya memuaskan, jangan lupa menggunakannya secara rutin.