5 Khasiat Buah Sukun yang Tidak Terduga (Dilengkapi Kandungan Nutrisi)

manfaat-buah-sukun-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu buah yang sering kita konsumsi namun jarang kita ketahui khasiat kesehatannya adalah sukun. Buah ini lebih sering diolah menjadi gorengan yang bisa mengenyangkan. Padahal, dalam realitanya, sukun juga bisa memberikan manfaat lainnya, lho.

Kandungan Nutrisi Buah Sukun

Pakar kesehatan menyebut sukun dengan ukuran satu cangkir atau sekitar 220 gram sudah mampu memberikan 227 kalori. Jumlah ini sama dengan 11 persen dari kebutuhan energi kita setiap hari. Karena alasan inilah setelah makan sukun kita seperti mendapatkan energi atau semangat tambahan.

Menariknya, meski memiliki kandungan kalori cukup tinggi, kandungan lemak sukun cenderung cukup rendah, yakni 0,5 gram saja. Jumlah ini sekitar 1 persen dari kebutuhan harian kita.

Selain kandungan–kandungan tersebut, kita juga bisa mendapatkan karbohidrat kompleks, serat yang tinggi, protein, fosfor, kalsium, zat besi, serta beberapa jenis vitamin seperti vitamin B dan vitamin C. ditambah dengan adanya kandungan mineral di dalamnya, maka sukun bisa menyediakan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Buah Sukun

Mengingat kandungan nutrisinya yang sangat tinggi, rutin mengonsumsi sukun bisa menyediakan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah berbagai manfaat atau khasiat buah sukun:

  1. Mejaga Berat Badan Ideal

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, sukun termasuk dalam buah yang tinggi kandungan kalori. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan karbohidrat sebanyak 60 gram jika mengonsumsi satu cangkir saja. Kandungan seratnya mencapai 10 gram atau hampir separuh dari kebutuhan harian dan protein di dalamnya mencapai 2,4 gram.

Berbagai kandungan ini akan membuat perut kenyang layaknya saat makan nasi. Kita pun tidak akan mudah tertarik untuk ngemil makanan yang tidak sehat. Hal ini berarti, makan sukun bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Membantu melawan paparan buruk radikal bebas

Sukun ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini berupa senyawa phenolic dan flavonoid. Senyawa ini mampu melawan paparan buruk radikal bebas dari polusi udara atau bahan-bahan kimia yang bisa saja kita temui setiap hari.

Jika kita mengonsumsi sukun yang memiliki warna oranye atau kekuning-kuningan, bisa mendapatkan senyawa antioksidan lainnya, yakni xanthin serta lutein yang juga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Kandungan serat di dalam sukun yang sangat tinggi ternyata juga bisa membantu menyehatkan jantung dan pembuluh darah, lho. Hal ini disebabkan oleh kemampuan serat dalam mencegah penyerapan kolesterol di dalam saluran pencernaan.

Keberadaan serat ini juga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Padahal, berat badan yang ideal akan mempengaruhi kesehatan usus dan tekanan darah. Kita pun tidak akan mudah terkena masalah hipertensi.

  1. Memperlancar sirkulasi darah

Sukun tinggi kandungan kalium, zat besi, serta berbagai macam nutrisi lain yang bisa menyehatkan pembuluh darah dan jantung. Rutin mengonsumsinya bisa membuat denyut jantung terjaga dan tekanan darah tetap normal.

Selain itu, sukun ternyata juga memiliki kandungan fitokimia, senyawa yang bisa mencegah aterosklerosis, kondisi yang membuat pembuluh darah menyempit atau mengeras. Senyawa ini juga bisa mencegah penumpukan plak di dinding pembuluh darah.

  1. Mencegah penyakit berbahaya

Sukun tinggi kandungan vitamin C. Sebagai informasi, di dalam 100 gram sukun terdapat 29 miligram vitamin ini atau sekitar separuh dari kebutuhan vitamin C dalam harian. Keberadaan vitamin C ini akan mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Hanya saja, demi mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal, sebaiknya kita tidak sering mengonsumsi sukun goreng. Sukun rebus atau sukun kukus yang tak kalah nikmat akan jauh lebih baik bagi kesehatan kita.