Terbit: 27 April 2020 | Diperbarui: 9 Juni 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Selain bayam hijau yang biasa Anda konsumsi, ada juga manfaat bayam merah untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Bayam merah atau amaranth adalah varietas lain dari bayam yang bernutrisi tinggi. Ketahui kandungan bayam merah, cara mengolah, khasiat lengkapnya, dll.

12 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan (Dilengkapi Kandungan Nutrisi)

Kandungan Bayam Merah

Bayam adalah tumbuhan yang berasal dari keluarga Amaranthaceae. Terdapat berbagai jenis bayam seperti bayam hijau, bayam merah, bayam putih, bayam duri, bayam tanah, dll. Bayam merah termasuk salah satu jenis bayam dengan nutrisi tinggi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat India, Afrika, dan Amerika Tengah.

Ketahui apa saja kandungan bayam merah (100 gram), berikut ini:

  • 51 kkal energi
  • 0,08 miligram vitamin B1
  • 0,5 gram lemak
  • 10 gram karbohidrat
  • 4,6 gram protein
  • 42 miligram natrium
  • 340 miligram kalium
  • 111 miligram fosfor
  • 368 miligram kalsium
  • 2 miligram zat besi
  • 1,9 miligram vitamin A
  • 80 miligram vitamin C

Bayam merah juga merupakan sumber asam folat, vitamin K, fosfor, tiamin, magnesium, dan antioksidan. Berbagai kandungan bayam merah ini tentu baik untuk dikonsumsi untuk mendukung berbagai fungsi tubuh.

Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan

Semakin cerah warna sayurannya, maka semakin sehat. Tidak hanya dikonsumsi dalam olahan biasa seperti sayur bening, tumisan, salad, atau lalapan, bayam merah juga digunakan sebagai obat alami oleh masyarakat Afrika tradisional.

Berbagai kandungan nutrisi bayam merah memberikan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Berikut ini beberapa manfaat bayam merah yang baik untuk tubuh:

1. Mengontrol Berat Badan

Bayam merah adalah sumber serat alami yang kuat untuk melancarkan sistem pencernaan serta mengontrol rasa lapar. Selain itu, bayam merah juga mengandung protein yang tinggi. Protein di sini berperan untuk mengurangi kadar insulin dalam darah dan melepaskan hormon-hormon tertentu untuk menahan rasa lapar Anda.

Selain itu, diet seimbang sayur dan buah sangat baik untuk mengontrol berat badan tubuh. Sayuran seperti bayam merah rendah kalori, rendah lemak, dan mengandung lebih banyak energi. Jadi, Anda dapat menjadikan bayam merah sebagai menu diet sehat Anda dalam berbagai olahan yang nikmat.

2.Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E sangat penting untuk memaksimalkan fungsi organ, termasuk untuk menjaga kesehatan mata. Berbagai kombinasi vitamin dalam bayam merah membantu memperkuat saraf optik dan meningkatkan kesehatan visual.

Konsumsi bayam merah juga sangat dianjurkan untuk orang tua yang mengalami masalah kesehatan mata terkait usia. Selain bayam, Anda juga disarankan konsumsi kale, salmon, tuna, jeruk, sumber protein bukan daging, dan sebagainya untuk kesehatan mata Anda.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Bayam merah mengandung serat yang tinggi. Dalam porsi yang seimbang, manfaat serat adalah untuk mengatur pergerakan usus sehingga pencernaan jadi lancar. Khasiat bayam merah juga dapat mencegah sembelit, melunakkan tinja yang keras, dan melancarkan buang air besar.

Walaupun demikian, jangan mengonsumsi bayam merah terlalu banyak dan cepat karena terlalu banyak serat dapat menyebabkan Anda sakit perut.

4. Mencegah Gangguan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah, membuang limbah tubuh, dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Anda berisiko lebih besar untuk terkena penyakit ginjal jika memiliki riwayat penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi

Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan konsumsi sayuran seperti bayam merah. Bayam merah juga dapat meningkatkan fungsi ginjal dan membersihkan darah pada wanita pasca melahirkan. Makanan lain yang bagus untuk ginjal adalah kembang kol, bawang bombay, bawang putih, apel, putih telur, anggur, ikan, minyak zaitun, dan beberapa jenis buah beri lainnya.

5. Mengatasi Disentri

Disentri adalah salah satu gangguan perut karena infeksi atau peradangan pada usus akibat bakteri atau amoeba. Gejala disentri dapat berupa gejala ringan hingga berat seperti sakit perut, keram perut, mual, muntah, dan demam.

Salah cara mengatasi disentri dengan cara tradisional adalah dengan ramuan herbal bayam merah atau mengonsumsinya dengan olahan lain. Bayam merah mengandung serat dan antosianin untuk mengatasi bakteri penyebab disentri.

Baca Juga: 15 Manfaat Wortel untuk Kesehatan, Bisa Bikin Kulit Bercahaya!

6. Mengatasi Demam

Bila Anda sedang demam, semangkuk sayur bayam merah dapat membantu memulihkan kondisi Anda.

Berbagai kombinasi nutrisi dan vitamin penting di bayam merah dapat meningkatkan sistem imun tubuh secara alami. Sistem imun yang kuat dapat melawan virus penyebab demam hingga kondisi Anda pulih kembali. Khasiat bayam merah juga untuk menambah energi Anda.

7. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi dimana tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang bertugas untuk mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh agar organ-organ tersebut dapat bekerja normal. Akibatnya, Anda akan merasakan gejala anemia seperti lemah, letih, dan lesu.

Pada kondisi anemia ringan dan bersifat sementara, Anda dapat mengatasinya dengan konsumsi sayur, buah, dan cukup minum air putih. Konsumsi makanan yang tinggi zat besi dan asam folat seperti bayam merah, hati, makanan laut, dan sayuran berdaun hijau.

8. Mencegah Kanker

Bayam adalah sumber antioksidan tinggi yang dikenal sebagai asam alfa-lipoat. Manfaat antioksidan ini adalah untuk mencegah stres oksidatif dan melawan radikal bebas pemicu kanker.

Selain itu, daun bayam merah mengandung amino esensial, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin E, potasium, dan vitamin C untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Konsumsi sayuran dan buah secara teratur telah menjadi kunci utama untuk hidup sehat, termasuk mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes, kardiovaskular, dll.

Baca Juga: 15 Manfaat Sayur Bayam yang Menyehatkan Tubuh

Manfaat Bayam Merah untuk Kulit dan Rambut

Selain untuk kesehatan tubuh dan pencegahan berbagai penyakit, bayam merah juga bagus untuk kecantikan kulit dan rambut. Ketahui khasiat bayam merah, berikut ini:

1. Memperkuat Akar Rambut

Salah satu cara tradisional untuk memperkuat akar rambut adalah dengan minum jus bayam merah. Bayam mengandung vitamin dan mineral penting untuk menguatkan folikel atau akar rambut.

Caranya adalah dengan mencampur bayam merah lengkap dengan batangnya, air, dan garam secukupnya. Lalu, minum jus tersebut 2-3 minggu sekali. Anda juga dapat menambahkan lemon untuk tambahan rasa.

2. Meningkatkan Kecantikan Kulit

Kandungan vitamin A dan vitamin C di bayam merah dapat meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit. Selain itu, pigmen warna dalam bayam merah adalah sumber antioksidan untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Kandungan ini dapat membuat kulit Anda lebih lembap, segar, cerah, lembut, dan kenyal. Selain itu, kandungan antioksidan mungkin dapat mencegah atau mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

3. Mencegah Rambut Beruban

Manfaat bayam merah selanjutnya adalah untuk mengatasi atau mencegah rambut uban. Bayam merah mengandung zat besi, mangan, kalsium dan mineral penting untuk meningkatkan melanin rambut. Melanin adalah pigmen pewarna alami pada rambut.

Baca Juga: 7 Khasiat Tak Terduga Bayam, Salah Satunya Bisa Cegah Asma

Cara Mengolah Bayam Merah

Anda dapat makan bayam merah dalam berbagai sajian enak. Bayam juga mudah diolah dan memiliki rasa segar dan netral yang cocok untuk dimasak dengan berbagai sayuran lainnya.

Berikut ini rekomendasi menu bayam untuk menu diet Anda sehari-hari:

  • Anda dapat menambahkan bayam pada pasta, sup, dan makaroni.
  • Masak bayam sebagai sayur bening dengan bumbu seperti bawang putih, bawah merah, garam, dan lada. Tambahkan jagung dan wortel agar lebih sehat.
  • Bayam juga cocok dimasukkan dalam lapisan roti, sandwich, hot dog, atau burger.
  • Bila Anda suka camilan, buat saus celupan untuk camilan Anda dengan bayam dan keju.
  • Bayam juga cocok untuk salad, campuran gado-gado, atau lalapan.
  • Masak omlet dengan bayam juga sebuah rekomendasi menu yang enak dan sehat.
  • Anda juga dapat masak tumisan bayam merah dengan tambahan lainnya.

Ada banyak cara mengolah bayam. Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kesukaan Anda. Selain itu, bayam merah sudah mudah ditemui di pasaran dengan harga terjangkau sekarang. Jadi, Anda dapat tetap makan sehat dan enak dengan bayam merah.

Benarkah Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan?

Bayam dan sayuran lainnya seperti wortel, lobak, atau bahkan seledri tidak dianjurkan untuk dipanaskan lagi. Sayuran tersebut mengandung nitrat yang tinggi yang akan menjadi racun dengan melepaskan senyawa karsinogenik bila dipanaskan lagi dalam suhu tinggi.

Selain itu, bayam mengandung zat besi yang tinggi. Bila dipanaskan kembali dalam suhu tinggi akan menyebabkan oksidasi zat besi yang memproduksi radikal bebas berbahaya.

Sebaiknya, tidak memanaskan kembali bayam yang sudah dimasak. Anda juga tidak dianjurkan untuk masak sayur apapun dengan suhu terlalu tinggi dan terlalu lama karena akan mengurangi konsistensi vitamin dan nutrisi.

Efek Samping Bayam Merah

Bayam mengandung vitamin K. Fungsi vitamin K adalah sebagai pembeku darah. Apabila Anda sedang menggunakan obat pengencer darah seperti warfarin, maka dianjurkan untuk tidak mengonsumsi bayam atau makanan tinggi vitamin K lainnya dalam jumlah besar.

Selain itu, bayam adalah sumber serat tinggi. Apabila mengonsumsinya berlebihan, akan berisiko sakit perut, diare, kembung, dan mungkin akan menyebabkan sembelit. Sebaiknya, konsumsi bayam secukupnya saja. Itulah pembahasan lengkap tentang khasiat bayam merah untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat!

  1. Ware, Megan RDN, L.D. 2018. Health benefits and nutritional value of spinach. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270609. (Diakses pada 27 April 2020).
  2. Bhagat, Jayshree. 2019. 14 Best Benefits Of Red Spinach For Skin, Hair And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-red-spinach-for-skin-hair-and-health/. (Diakses pada 27 April 2020).
  3. K, Amritha. 2018. 20 Wonderful Benefits Of Red Spinach, Nutrition & Recipes. https://www.boldsky.com/health/nutrition/2018/red-spinach-benefits-nutrition-recipes-126956.html. (Diakses pada 27 April 2020).
  4. Saanvi. 2020. 15 Research-Based Red Spinach Benefits For Skin, Hair & Health. https://stylesatlife.com/articles/red-spinach-benefits/. (Diakses pada 27 April 2020).
  5. Rana, Sarika. 2018. 7 Foods that You Must Stop Reheating Right Away!. https://food.ndtv.com/food-drinks/7-foods-that-you-must-stop-reheating-right-away-1720284. (Diakses pada 27 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi