Asparagus, Sayur yang Ampuh Menjaga Dan Merawat Kesehatan Kulit

asparagus-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bicara soal sayuran yang ampuh merawat kesehatan kulit Anda, asparagus merupakan salah satu yang patut untuk dipertimbangkan. Apalagi khasiat dari asparagus sendiri sudah dikenal sejak 2.000 tahun yang lalu. Tidak hanya dihidangkan sebagai salah satu sayuran, asparagus menjadi salah satu tanaman obat yang mampu mengatasi sejumlah penyakit. Lebih lanjut, laman Stylecraze bahkan menjelaskan jika kandungan vitamin pada asparagus juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit seperti berikut.

1. Membersihkan Kulit

Dilansir dari laman Stylecraze, ekstrak dari asparagus ternyata dapat digunakan untuk membersihkan kulit. Terutama dari sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan kulit tampak kusam. Hal ini lantaran ekstrak asparagus mengandung bahan yang berfungsi sebagai eksfoliator yang dapat mengangkat kotoran secara lembut. Anda juga dapat mengombinasikan ekstrak asparagus dengan bahan lain seperti biji kopi atau beras untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Melembapkan Kulit

Kandungan vitamin E pada asparagus juga menjadikan sayuran satu ini mampu menjaga kelembapan sel kulit. Apalagi vitamin E merupakan salah satu vitamin yang sangat penting dan dibutuhkan oleh kulit. Selain menjaga kelembapan kulit, vitamin E juga mencegah kulit mengalami sejumlah masalah seperti eksim, kulit mengelupas hingga psoriasis.

3. Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Selain vitamin E, sayuran yang terbagi dalam tiga warna ini juga dilengkapi dengan vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan yang ampuh mencegah terjadinya penuaan. Apalagi antioksidan merupakan zat aktif yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang memicu proses oxidative stress. jadi, jangan heran bagi Anda yang sering mengonsumsi atau menggunakan asparagus akan memiliki kulit yang bebas keriput, kencang dan tampak lebih awet muda.

Penggunaan sayur asparagus sendiri memang masih belum populer di Indonesia. Kendati demikian, sejumlah negara rupanya sudah awam dengan khasiat asparagus yang ampuh merawat kulit. Tidak heran jika di negara-negara tersebut banyak dijumpai produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak asparagus.