DokterSehat.Com – Semakin hari semakin banyak wanita hamil yang memutuskan untuk melahirkan normal. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Kini, para wanita telah banyak mengetahui akan keuntungan dari melahirkan normal.

keuntungan-lahiran-normal-doktersehat

Tak dapat dipungkiri bahwa persalinan normal memang memiliki sederet manfaat dan keuntungan bagi ibu dan bayinya. Anda akan terkejut dan takjub apabila mengetahui beberapa keuntungan menjalani lahiran normal. Simaklah beberapa keuntungan melahirkan normal bagi para ibu di bawah ini!

Keuntungan melahirkan normal bagi para ibu

Apabila Anda masih ragu untuk melakukan persalinan normal, maka sebaiknya Anda melihat beberapa informasi di bawah ini tentang beberapa keuntungan melahirkan normal bagi para ibu.

Beberapa keuntungan melahirkan normal bagi para ibu:

1. Proses persiapan lahiran normal lebih bebas

Wanita yang memilih untuk melahirkan normal hanya memiliki satu keluhan berupa rasa mulas. Akan tetapi, ibu hamil yang melakukan persalinan normal tidak mendapat epindural, infus, pemasangan kateter, dan lainnya yang ada pada persiapan operasi caesar yang lebih kompleks.

Baca juga: Persiapan Melahirkan Caesar, Jangan Meremehkan!

Ibu yang bersiap untuk melahirkan normal cenderung lebih bebas berada di tempat tidur. Selain itu, Anda masih bisa mengonsumsi makanan dan minuman menjelang proses persalinan normal. Kebebasan dalam bergerak akan membuat Anda lebih mudah dalam melahirkan bayi.

2. Suami bisa terlibat melihat proses melahirkan normal

Pada proses persalinan normal, suami bisa ikut terlibat di dalamnya. Kehadiran suami yang juga ayah dari bayi Anda sangatlah penting. Peran penting suami yang ikut hadir pada proses melahirkan normal memberikan rasa tenang dan nyaman pada ibu melahirkan.

Selain itu, suami Anda juga bisa mengetahui seberapa besar perjuangan dan pengorbanan Anda saat melahirkan bayinya. Dengan begitu, suami juga turut merasakan perjuangan tersebut dan cenderung untuk menghormati Anda yang telah melahirkan dengan perjuangan besar.

3. Proses persalinan normal lebih cepat

Selain proses persiapan lahiran normal yang lebih bebas bagi para ibu, proses melahirkan normal menghabiskan waktu yang lebih cepat. Apabila pembukaan Anda sudah cukup besar maka Anda akan dibawa ke ruang melahirkan normal.

Anda dan tim medis hanya menunggu kontraksi rahim untuk segera melahirkan bayi. Proses melahirkan normal bisa dibilang lebih sederhana dan lebih cepat. Para wanita yang melahirkan normal pun bisa segera berjumpa dengan bayi yang telah dikandungnya selama 9 bulan.

4. Merasakan rasa haru dan peluang IMD untuk ikatan yang kuat

Ibu yang melahirkan normal cenderung lebih responsif saat melihat bayi yang dilahirkan dengan susah payah untuk pertama kalinya. Berbeda dengan ibu yang melahirkan caesar yang biasanya tidak seperti itu karena efek dari anestesi bisa membuat ibu menjadi kurang responsif.

Selain itu, para ibu yang melakukan lahiran normal juga bisa melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). IMD ini sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan ikatan antara ibu dan bayinya. Sesaat setelah bayi terlahir, ia akan segera diletakkan di atas dada Anda dan akan membuat Anda semakin larut dalam rasa terharu dan bahagia.

5. Lebih cepat pulih

Para wanita yang telah melalui proses melahirkan normal memiliki proses pemulihan yang lebih cepat pasca melahirkan. Hal ini dikarenakan para ibu melahirkan normal tidak memperoleh epindural dan C-section. Walaupun ada kemungkinan untuk mendapatkan jahitan tetapi ibu bisa mencegahnya dengan melakukan pijat perineum.

Baca juga: Pijat Perineum – Cara Melahirkan Mudah Tanpa Robek

Epidural dan C-section sering kali memiliki tingkat pemulihan yang sangat buruk. Bagian yang mendapatkan operasi caesar memerlukan waktu lama untuk bisa pulih kembali. Bagian tersebut harus menunggu pemulihan dari anestesi, melahirkan bayi, luka bedah, dan luka jahitan setelah persalinan C-section.

Pasca melahirkan normal, Anda cenderung lebih cepat untuk bebas bergerak daripada pasca melahirkan caesar. Anda pun bisa segera melakukan hal-hal yang harus dilakukan selanjutnya untuk bayi Anda

6. Kesempatan lebih besar untuk memberikan kolostrum

Tidak seperti ibu melahirkan caesar yang masih kesulitan untuk bergerak pasca C-section bahkan sampai 3 hari pertama melahirkan, para ibu yang melahirkan normal bisa dengan segera memberikan kolostrum yang kaya akan manfaat bagi bayi.

Kolostrum yang merupakan cairan pendahulu ASI berwarna kekuningan sangatlah penting untuk bayi. Kolostrum hanya ada sejak hari pertama sampai hari ketiga setelah melahirkan. Jadi, ibu yang melahirkan normal bisa dengan segera menghabiskan stok kolostrum yang terbatas itu untuk dikonsumsi bayinya.

7. Rahim yang lebih cepat kembali ke ukuran semula

Keuntungan dari melahirkan normal bagi ibu bagaikan sebuah rangkaian dari satu keuntungan ke keuntungan yang lain. Keuntungan melahirkan normal yang disebutkan sebelumnya, yaitu bisa memberikan kolostrum segera akan berdampak pada kembalinya ukuran rahim.

Apabila ibu yang melahirkan normal bisa segera memberikan kolostrum maka rahim ibu tersebut akan cepat menyusut. Hal ini sangatlah berhubungan. Pemberian kolostrum dan ASI sangat mempengaruhi penyusutan rahim agar kembali seperti ukuran semula.