4 Keunggulan Berlatih Fitnes dengan Dumbbell

doktersehat-manfaat-fitnes
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Dalam melakukan fitnes, tentu saja ada banyak alat yang bisa kita gunakan. Alat tersebut bervarian, mulai dari yang mudah digunakan sampai yang sedikit rumit. Namun, bicara tentang alat fitnes, ada satu yang paling familiar dan sering digunakan hampir pada setiap sesi latihan, yaitu dumbbell.

Ya, dumbbell merupakan salah satu alat fitnes yang selalu ada di pusat kebugaran. Tak hanya bagi pelaku fitnes saja, orang biasa pun cukup familiar dengan alat yang satu ini. Nah, walau ukurannya kecil dan terkesan terlalu mainstream, ternyata ada beberapa keunggulan dari dumbbell. Dan tentunya keunggulan tersebut tidak bisa didapatkan oleh alat lainnya.

Apa saja keunggulan tersebut? Berikut diantaranya.

1. Mudah Digunakan

Hal pertama yang menjadi keunggulan dari dumbbell adalah sangat mudah digunakan. Sebab, bentuknya yang kecil dan pas di tangan. Dengan dumbbell, kita bisa melakukan berbagai gerakan dan latihan yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, ingin membentuk otot lengan, maka kita bisa fokuskan latihan pada lengan, begitu pula pada bagian tubuh lainnya.

2. Aman Digunakan

Keunggulan selanjutnya adalah aman digunakan. Sebab, dumbbell tidak seperti alat berat lainnya yang bisa menimbulkan risiko cedera. Apalagi jika kita menggunakan alat fitnes yang cukup besar, jika terjadi kecelakaan teknik, maka akan fatal akibatnya.

3. Membuat Otot Seimbang

Menggunakan dumbbell dalam latihan bisa membuat otot menjadi seimbang. Sebab, bobot yang diberikan sama, tak ada yang lebih besar ataupun kecil. Sehingga otot yang akan kita dapatkan pun seimbang pula. Oleh karenanya, banyak yang menggunakan dumbbell untuk membentuk otot agar terlihat seimbang.

4. Ada Banyak Teknik

Keunggulan ini merupakan salah satu andalah dari dumbbell. Jika kita menggunakan alat fitnes yang besar atau lengkap, maka gerakan kita akan monoton. Namun, ketika menggunakan dumbbell, maka kita bisa mengeksplor gerakan agar lebih variatif sesuai teknik fitnes.