Terbit: 8 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang percaya jika diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan. Meskipun memang risiko orang yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes lebih tinggi dibandingkan dengan orang biasa, pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab utama dari diabetes ternyata bukanlah faktor keturunan, melainkan faktor gaya hidup.

Keturunan Penyebab Utama Diabetes?

Mereka yang memiliki riwayat keluarga menderita diabetes memang sebaiknya menjaga gaya hidupnya tetap sehat, khususnya dalam hal menjaga pola makan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi gula dan kalori demi mencegah datangnya diabetes. Hanya saja, bukan berarti orang yang bukan berasal dari keluarga dengan riwayat kesehatan ini bisa menerapkan gaya hidup sembarangan. Mereka juga harus tetap menerapkan gaya hidup yang sehat agar tidak mudah terkena penyakit ini.

Dalam realitanya, masyarakat modern cenderung menyukai makanan yang kaya akan karbohidrat sederhana dan makanan yang digoreng. Selain itu, makanan dan camilan yang manis, hingga minuman kekinian yang kebanyakan juga memiliki rasa yang manis juga laris di pasaran dan disukai generasi muda. Padahal, berbagai makanan dan minuman ini bisa meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat dan akhirnya memicu peningkatan risiko terkena diabetes.

Gaya hidup lain yang membuat kita lebih rentan terkena diabetes adalah kebiasaan malas bergerak. Tak hanya karena faktor pekerjaan, semakin banyak orang yang malas berolahraga, malas berjalan kaki, namun sering mengonsumsi camilan tidak sehat. Kombinasi dari berbagai hal inilah yang membuat diabetes lebih mudah datang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi