Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kulit yang kita miliki, memiliki fungsi yang sangat vital. Karenanya, menjaga kesehatan kulit bukan sesuatu yang sebenarnya bisa ditawar. Melindunginya dari polusi, merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk melindungi kullit dari polusi?

Ketahui Cara Sederhana Lindungi Kulit dari Polusi

Dari How Stuff Works, dikatakan bahwa kulit merupakan organ yang sangat kompleks. Kulit adalah pelindung paling luar yang rentan terhadap gangguan atau polusi dari udara dan air. Polusi tersebut dapat menggangu bahkan merusak kesehatan kulit secara keseluruhan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi kulit dari polusi.

1. Mewaspadai Polusi Udara

Racun-racun yang terdapat di udara, sangat berbahaya untuk kesehatan. Bila kulit terpapar terus-menerus dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Terutama pada bagian-bagian tertentu seperti kulit bagian wajah, leher serta tangan.

Gangguan seperti asap, debu, sinar ultraviolet, bisa menjadi radikal bebas yang dapat mengganggu keberadaan oksigen dalam sel kulit serta menghambat produksi kolagen. Untuk melindunginya, Anda bisa rajin membersihan, mencuci wajah setiap hari, mandi. Lakukan eksfoliasi setidaknya dua kali seminggu. Gunakan juga produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan. Menjaga kesehatan kulit dengan cara seperti itu, bisa dijadikan pilihan.

2. Batasi Paparan Klorin ke Tubuh Anda

Klorin, merupakan bahan kimia yang dapat beracun jika digunakan dalam jumlah banyak. Ia dapat menyebabkan masalah yang cukup serius pada kulit bahkan paru-paru. Klorin, masuk melalui pori-pori yang terbuka. Ketika itu terjadi, zat tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan timbul kerutan. Salah satu cara untuk mengatasinya, kurangi interaksi klorin pada tubuh, seperti dengan membatasi kegiatan renang Anda.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Lindungi Kulit Anda Segera!

Polusi-polusi yang dapat mengancam kesehatan kulit tersebut, bisa Anda minimalisasi dengan banyak cara. Salah satunya adalah penggunaan pelembap kulit yang tepat, sehingga menjaga kulit Anda dari kekeringan. Gunakan juga krim tabir surya serta perbanyak konsumsi Vitamin C. Selain itu, Anda juga bisa meminimalisasi radikal bebas pada kulit dengan menggunakan pakaian tertutup. Jangan lupa konsumsi air dalam porsi tepat dan secara teratur. Makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Tugas kita adalah menjaga kesehatan tubuh sendiri, termasuk menjaga kesehatan kulit. Jangan sepelekan mulai dari sekarang.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi