Awas, Hidup Kesepian Bisa Tingkatkan Risiko Hipertensi

Doktersehat-penyebab-muka-cepat tua
Photo Credit: Flickr.com/rachael lees

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang memilih untuk hidup sendirian tanpa pasangan. Biasanya, hal ini disebabkan oleh keinginan untuk hidup dengan lebih bebas tanpa adanya beban dan tanggungjawab yang berat. Sayangnya, hidup sendirian bisa membuat seseorang kesepian. Padahal, kesepian bisa memicu peningkatan risiko hipertensi yang bisa saja berlanjut menjadi serangan jantung dan stroke yang mematikan.

Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Louise Hawkley dari Chicago University. Dari penelitian ini, terungkap bahwa mereka yang hidup kesepian di usia lebih dari 50 tahun akan lebih rentan mengalami depresi dan stres yang akhirnya berimbas pada kenaikan tekanan darah. Hanya saja, kesepian yang dimaksud dalam penelitian ini tidak hanya berlaku pada orang-orang yang tinggal sendirian tanpa pasangan atau keluarga. Mereka yang terlalu sibuk sehingga tidak memiliki jaringan sosial yang baik juga lebih rentan untuk mengalami kesepian.

“Banyak orang yang memiliki teman namun merasa kesepian karena menganggap hubungan pertemanan ini kurang memuaskan dan terlalu menguras emosi. Hal ini ternyata juga bisa meningkatkan tekanan darah. Sebaliknya, meski punya sedikit teman namun memiliki hubungan yang kuat dan bermanfaat, mereka tidak mudah mengalami kesepian,” jelas dr. Hawkley.

Ternyata kesepian juga berlaku pada motivasi dan kondisi hubungan dengan orang lain. Selain itu, jika sampai seseorang takut mengalami rasa kecewa, penolakan, atau mendapatkan evaluasi negatif dari orang lain juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 229 orang dengan rentang usia 50 hingga 68 tahun. Para partisipan diminta untuk memberitahukan tentang jumlah orang yang sering berada di sekitarnya dan kekuatan hubungan dengan orang-orang tersebut. Hasilnya adalah, mereka yang mengalami kesepian atau memiliki hubungan sosial yang kurang baik ternyata mengalami peningkatan tekanan darah rata-rata 14,4 mm/Hg. Hal ini membuat mereka lebih rentan untuk terkena tekanan darah tinggi, yakni yang melebihi 140/90 mm/Hg.

Menurut para peneliti, kesepian bisa membuat rasa tidak aman dan akhirnya mempengaruhi peradangan di dalam tubuh. Hal ini berimbas pada meningkatnya tekanan darah dengan signifikan.