Kesemutan Terkait Diabetes?

Doktersehat-kaki-sering-kesemutan

DokterSehat.Com– Kesemutan seringkali dianggap sebagai hal yang sepele. Padahal, bisa jadi kesemutan menandakan masalah kesehatan yang lebih serius seperti gangguan saraf atau bahkan pertanda adanya gangguan pada pembuluh darah. Lantas, kesemutan dengan gejala seperti apa yang patut untuk diwaspadai?

Salah satu penyebab dari kesemutan yang berlangsung dalam waktu lama adalah masalah saraf bernama carpal tunnel syndrome. Kondisi ini terjadi saat saraf median yang berada di dalam kanal karpal, kanal yang terbentuk dari tulang karpal yang ada di tangan justru tertekan oleh tendon yang sedang mengalami peradangan. Biasanya kondisi ini dialami oleh mereka yang terlalu sering menggunakan komputer atau ponsel pintar. Kegiatan-kegiatan ini bisa memberikan tekanan pada pergelangan tangan.

Gejala utama dari masalah carpal tunnel syndrome adalah rasa kebas yang berlangsung dengan sementara, namun cukup sering terjadi. Terkadang, masalah ini bisa hilang dengan sendirinya asalkan tangan diistirahatkan, namun jika sudah sangat parah, maka penderitanya harus menjalani operasi untuk menyembuhkannya.

Kondisi lain yang juga bisa menyebabkan kesemutan adalah alergi makanan atau bahkan menandakan gejala stroke. Hanya saja, kesemutan ini muncul pada bagian bibir kita. Sementara itu, jika kita kita sering mengalami kesemutan pada tangan atau kaki, bisa jadi hal ini menandakan bahwa tubuh sedang kekurangan asupan vitamin dan mineral sehingga sebaiknya kita harus segera mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Menariknya adalah ada sebuah gejala kesemutan yang cukup unik, yakni kesemutan yang disebabkan oleh sindrom celana jeans ketat atau yang di dalam dunia medis disebut sebagai paresthetica. Biasanya, hal ini disebabkan oleh penggunaan celana panjang yang terlalu ketat seperti di bagian pinggang atau paha. Selain itu, terlalu sering menempatkan dompet, kunci, atau bahkan ponsel pintar di saku celana juga bisa menjadi penyebabnya.

Kesemutan juga bisa disebabkan oleh diabetes. Kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama ternyata bisa merusak saraf yang akhirnya menyebabkan sensasi kesemutan dan kebas pada beberapa bagian tubuh, termasuk tangan dan kaki.