Sering Kesemutan Menandakan Masalah Kolesterol Tinggi?

Doktersehat-kaki-sering-kesemutan

DokterSehat.Com– Kesemutan adalah hal yang wajar terjadi jika anggota tubuh kita tertindih atau berada dalam posisi yang tidak nyaman. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut kesemutan yang sering muncul bisa jadi menandakan bahwa kita mengalami masalah kolesterol tinggi. Sebenarnya, apakah hal ini sesuai dengan fakta medis?

Pakar kesehatan menyebut hal ini tidak benar. Masalah kolesterol tinggi baru akan menimbulkan gejala jika sudah sampai menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah. Hal ini tentu akan membuat diameter pembuluh darah menyempit yang akhirnya berimbas pada terganggunya sirkulasi darah. Padahal, darah berperan besar dalam membawa nutrisi dan oksigen ke berbagai organ dan jaringan tubuh yang tentu mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Jika sampai kadar kolesterol di dalam tubuh sudah sangat tinggi, maka hal ini akan menyebabkan penyumbatan aliran darah. Jika sampai hal ini terjadi, maka besar kemungkinan akan muncul serangan jantung atau stroke yang mematikan.

Selain kesemutan, pakar kesehatan juga menyebut anggapan bahwa sakit kepala terkait dengan kolesterol tinggi juga tidak tepat. Sebenarnya, masalah kolesterol tinggi asalkan belum benar-benar parah tidak akan menyebabkan efek apapun pada tubuh. Jika kondisi ini sudah sangat parah, maka efeknya adalah serangan penyakit mematikan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Alih-alih kesemutan, pakar kesehatan menyebut masalah kolesterol tinggi justru berpotensi menyebabkan rasa nyeri atau sensasi pegal-pegal saat berjalan. Sensasi ini biasanya akan muncul pada betis karena terhambatnya sirkulasi darah ke bagian bawah tubuh.

Demi mencegah masalah kolesterol tinggi, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin memeriksakan kadar kolesterol tubuh setidaknya satu bulan sekali sehingga bisa memastikan gaya hidup yang tepat demi menjaga kadar kolesterol tetap normal. Kita juga sebaiknya menjaga pola makan dengan kadar gizi yang seimbang, khususnya dalam hal mengonsumsi sayuran dan buah dengan cukup dan mulai menurunkan asupan makanan berlemak, rajin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, tidak merokok dan meminum alkohol, tidak mudah stres, menjaga berat badan tetap ideal, dan mencukupi kebutuhan air putih setiap hari.