Terbit: 12 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama mudik kita akan sering repot di perjalanan. Belum lagi kalau Anda membawa banyak barang sehingga susah untuk bergerak dan menjaga kesehatan tubuh. Kalau daya tahan tubuh tidak baik, Anda bisa drop dan mengalami sakit. Namun, kalau Anda menjaga kesehatan selama mudik, peluang sakit akan turun.

Menjaga Kesehatan Alat Vital Selama Mudik Lebaran

Dalam rangka menjaga kesehatan tubuh selama mudik, Anda akan selalu memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam mulut. Kalau masih puasa, sahur dan berbuka tetap dilakukan dengan makanan yang bernutrisi.

Sayangnya, ada satu bagian tubuh yang kerap dilupakan oleh para pemudik. Bagian itu adalah alat vital yang kerap terkena dampak dari situasi mudik yang kerap tidak terkendali.

Masalah kesehatan kelamin yang muncul saat mudik

Beberapa masalah kesehatan alat vital yang sering muncul saat muncul terdiri dari:

  1. Anyang-anyangan

Masalah pada alat vital yang pertama adalah anyang-anyangan. Anda akan sering kebelet kencing karena terlalu banyak minum air yang tidak dianjurkan seperti teh atau kopi selama mudik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Kondisi anyang-anyangan akan mengganggu kalau Anda menggunakan kendaraan umum. Oleh karena itu, perhatikan apa yang Anda minum agar kondisi seperti ini tidak terjadi.

  1. Gatal pada alat vital dan selangkangan

Normalnya area di sekitar selangkangan dan kemaluan memang lembap dan mudah sekali berkeringat. Saat mudik, area ini akan semakin berkeringat sehingga area si sekitar alat vital jadi lembap sehingga bakteri yang ada di area itu berkembang biak.

Rasa gatal pada alat vital akan muncul perlahan-lahan dan membuat Anda tidak nyaman. Kalau Anda menggunakan celana dalam dan celana luar terlalu ketat, rasa gatal ini akan semakin mengganggu.

  1. Infeksi saluran kemih

Saat sedang mudik kita akan mengalami dehidrasi akut kalau tidak bisa mencukupi kebutuhan air harian. Selain itu, kita juga susah menjaga sanitasi pada alat vital sehingga infeksi saluran kemih bisa saja terjadi.

Gangguan saluran kemih ini akan membuat Anda merasakan sakit di perut bagian bawah. Selain itu, Anda juga mengalami susah kencing karena alat vital jadi sedikit panas dan juga kering.

  1. Penis mati rasa sementara

Terlalu lama duduk akan membuat penis mati rasa sementara. Kondisi ini akan semakin  parah kalau Anda mudiknya dengan sepeda motor dan perjalanan yang ditempuh cukup jauh.

Cara mengatasi dan mencegah gangguan alat vital

Agar alat vital tetap terjaga kesehatannya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan persiapkan.

  • Selalu bawa air mineral dalam jumlah yang banyak. Kalau Anda pakai kendaraan umum bawa secukupnya asal bisa mencukupi kebutuhan cairan harian sebanyak 2 liter.
  • Gunakan celana dalam yang nyaman berbahan katun yang bisa menyerap keringat. Anda juga disarankan menggunakan celana yang lebih longgar selama perjalanan.
  • Bawa celana dalam tambahan. Kalau Anda sudah tidak nyaman dengan celana dalam yang dipakai coba ke toilet dan ganti dengan yang baru. Jangan pakai terus yang lama karena bisa menyebabkan gatal-gatal.
  • Selalu bawa tisu basah saat mudik. Kalau di toilet air bersihnya sedikit bisa menggunakan tisu itu untuk membersihkan alat vital agar selalu bersih setiap saat.
  • Wanita yang sedang datang bulan, selalu ganti pembalut dengan rutin. Paling tidak setiap 3-4 jam sekali ganti pembalut dengan yang baru agar kondisi di sekitar vagina tetap bersih dan kering.

Saat mudik, jangan hanya fokus pada perjalanan saja. Tubuh juga harus diperhatikan agar tidak ada masalah selama perjalanan mudik ke kampung halaman. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi