Jarang Gosok Gigi Sebabkan Pria Impotensi dan Gangguan Berat Lainnya

doktersehat kesehatan mulut dan ereksi

DokterSehat.Com – Impotensi adalah masalah serius pada pria meski tidak menyebabkan kematian. Mengalami impotensi bisa menyebabkan kehidupan pria jadi terganggu secara seksual dan reproduksi. Pria dengan gangguan ini tidak akan bisa melakukan seks dengan lancar dan kemungkinan melakukan pembuahan juga cukup kecil.

Selama ini kita tahu bahwa masalah impotensi disebabkan oleh gangguan aliran darah pada tubuh, biasanya obesitas menjadi salah satu penyebabnya. Namun, ada sebab lain dari impotensi ini yang cukup tidak terduga. Penyebab itu adalah gangguan gusi dan gigi yang cukup parah.

Masalah mulut yang selama ini dianggap tidak memengaruhi kemampuan seks ternyata berdampak cukup besar. Berikut ulasan selengkapnya.

Penelitian tentang gangguan gusi dan impotensi

Sebuah penelitian tentang impotensi dilakukan di University of Granda, Spanyol. Penelitian yang melibatkan sekitar 158 pria berusia 23-69 tahun ini menemukan korelasi antara kesehatan gusi dan impotensi. Sekitar 74 persen pria dengan gangguan ereksi juga memiliki gangguan gusi dengan derajat yang berbeda-beda.

Setelah dilakukan penelitian yang lebih dalam terkait fenomena ini, peneliti akhirnya menemukan beberapa hal. Pertama ada kaitannya protein bernama CRP dengan impotensi. Protein ini dihasilkan di hati dan bisa menyebabkan inflamasi pada bagian tubuh khususnya gusi.

Temuan kedua adalah hubungan kadar CRP dengan impotensi. Ternyata protein yang cukup berbahaya ini bisa menyebabkan pembuluh darah ke penis menyempit. Akibatnya, pria akan susah sekali mengalami ereksi yang maksimal. Kalau pun bisa mendapatkan ereksi, pria akan susah mempertahankannya.

Mencegah impotensi dengan mudah

Agar impotensi tidak terjadi pada penis, pria disarankan untuk rajin menggosok gigi setiap harinya. Dengan rajin menggosok gigi pria akan membuat rongga mulut jadi sehat mulai dari gigi, lidah, gusi, dan dinding mulut. Setelah menyikat gigi pria juga disarankan menggunakan cairan pencuci mulut.

Selain melakukan pembersihan dengan teratur khususnya pagi dan sebelum tidur, pria juga tidak disarankan mengonsumsi makanan yang terlalu ekstrem misal terlalu panas, terlalu dingin, atau makanan yang terlalu manis karena bisa menempel di gigi dan susah sekali dibersihkan.

Pria dianjurkan untuk memperbanyak buah dan juga sayuran. Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Mengonsumsi buah akan menunjang kesehatan gigi dan gusi sehingga kemungkinan terjadi iritasi atau infeksi bisa dihindari.

Faktor lain yang memengaruhi impotensi

Selain masalah gusi yang bengkak atau mengalami iritasi, impotensi yang terjadi pada pria bisa disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini.

  1. Obesitas

Obesitas yang terjadi pada pria memengaruhi banyak sekali kondisi tubuh. Pengaruh pertama dari banyaknya lapisan lemak pada tubuh adalah turunnya hormon testosteron. Penurunan hormon ini menyebabkan masalah seperti libido yang menurun dan susahnya pria mendapatkan ereksi yang maksimal.

Saat tubuh alami obesitas, darah yang mengalir ke arah penis akan mengalami gangguan. Akibatnya pria akan mengalami impotensi baik permanen atau sementara.

  1. Gangguan pada sistem reproduksi

Gangguan pada sistem reproduksi seperti pembengkakan pada kelenjar prostat hingga masalah pada testis bisa menyebabkan terjadi impotensi. Selain itu operasi yang terjadi di area penis juga bisa meningkatkan risiko terkena impotensi.

  1. Stres dan cemas

Hal terakhir yang bisa menyebabkan pria mengalami impotensi adalah stres dan cemas. Kalau pikiran tidak relaks saat melakukan aktivitas seks, ereksi akan sudah terjadi dan pria tidak bisa menikmati aktivitas ranjangnya.

Demikianlah ulasan singkat tentang pengaruh kesehatan gigi dan gusi pada kemampuan ereksi pria. Semoga setelah ini kita jadi rajin menggosok gigi, ya!