Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyajikan Susu Bubuk Formula

doktersehat-susu-anak-minum-dot

DokterSehat.Com– Memberikan ASI memang merupakan pilihan terbaik bagi bayi. Namun tidak semua ibu bisa memberikan ASI pada anaknya hingga berusia dua tahun. Untuk itu bayi diberikan susu formula agar kebutuhan gizinya tercukupi.

Memberikan susu formula pada bayi perlu lebih banyak persiapan dibandingkan memberikan ASI langsung. Saat menyiapkan susu formula untuk anak, tanpa disadari ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan, yaitu:

Menuangkan susu bubuk sebelum air
Untuk mendapatkan jumlah takaran air yang pas, banyak orang tua yang menuangkan susu bubuk sebelum air. Hal ini dapat berisiko memberikan air terlalu banyak atau terlalu sedikit pada botol susu. Sebaiknya tuangkan air terlebih dahulu sesuai takaran, baru tuangkan susu bubuk agar takarannya sesuai saran penyajian.

Menggunakan air terlalu panas
Banyak orang tua beranggapan bahwa menyeduh susu bubuk harus menggunakan air panas agar cepat larut. Padahal suhu yang dibutuhkan utuk melarutkan susu bubuk adalah sebesar 70 derajat Celcius. Jika Anda menggunakan air mendidih, tunggu seitar 30 menit setelah mendidih untuk mendapatkan suhu yang tepat. Air yang terlalu panas akan berbahaya bagi mulut anak Anda.

Takaran susu bubuk tidak tepat
Selalu gunakan sendok takaran yang disediakan dalam kemasan susu formula saat menyiapkan susu untuk anak. Hindari menuangkan susu terlalu banyak karena dapat membuat bayi dehidrasi dan sembelit. Sedangkan memberi susu formula terlalu sedikit dapat membuat bayi kehilangan nutrisi. Jangan menambahkan gula pada susu formula karena bayi belum dapat mencernanya.

Memegang ujung dot selesai menyiapkan susu
Tanpa disadari, orang tua sering memegang ujung dot setelah selesai menyiapkan susu untuk anak. Hal ini berisiko membuat bakteri masuk ke mulut si kecil lewat dot. Sebaiknya pegang pinggiran dot yang tidak bersentuhan langsung dengan ujung dot. Jika ingin memastikan susu larut, Anda bisa mengocoknya dengan perlahan.

Memberikan sisa susu formula
Bayi kadang tidak menghabiskan susu formula yang diberikan. Ketika ia meminta lagi susu formula, banyak orang tua yang memberikan sisa susu formula sebelumnya daripada membuatkan yang baru. Hal ini perlu dihindari karena dapat mengundang bakteri yang dapat mengganggu pencernaan bayi. Sebaiknya segera buang sisa susu formula yang sudah didiamkan lebih dari 1 jam. Buatkan susu yang baru jika anak waktunya minum susu.

Selain beberapa kesalahan tersebut, yang tidak boleh terlupakan adalah selalu menyiapkan susu bubuk dalam keadaan tangan dan botol susu yang bersih. Cuci botol susu dengan sabun khusus perlengkapan dot, lalu sterilisasi botol susu tersebut.