Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mencuci wajah terkesan sebagai perawatan yang sangat mudah dilakukan. Namun yang tidak Anda sadari, kesalahan pada saat membersihkan wajah dapat mempengaruhi tampilan kulit Anda. Seperti yang dilansir dari Discover Good Nutrition, berikut ini beberapa kesalahan saat mencuci wajah yang umum dilakukan tanpa disadari.

Kesalahan Umum yang Dilakukan Saat Membersihkan Wajah

1. Salah Memilih Pembersih Wajah

Kulit wajah, merupakan salah satu kulit di bagian tubuh yang cukup sensitif. Salah memilih pembersih, kulit wajah bisa bermasalah. Kenali lebih dahulu jenis kulit wajah Anda, apakah kering, berminyak, sensitif atau normal. Pembersih yang tepat, akan menghilangkan kotoran pada wajah dengan baik, entah itu riasan atau debu yang menempel. Ia juga tidak akan mengganggu kesehatan alami kulit wajah.

2. Tidak Memperhatikan Kandungan pada Pembersih

Ini juga merupakan kesalahan umum yang banyak terjadi saat membersihkan wajah. Perhatikan lebih dulu kandungan yang ada pada pembersih Anda. Hindari produk pembersih yang mengandung sulfat dan paraben. Perlu Anda ketahui bahwa sulfat dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kemerahan hingga iritasi. Pilih pembersih wajah dengan kandungan bahan alami yang lebih banyak.

3. Membersihkan Muka dengan Air Bersuhu Ekstrem

Suhu air paling aman untuk membersihkan kulit wajah adalah tidak terlalu panas, tidak juga terlalu dingin, cukup hangat-hangat kuku. Suhu yang ekstrem, menurut Discover Good Nutrition dapat merusak bagian jaringan kulit. Air panas misalnya, ia dapat mengurangi kelembapan alami yang dimiliki kulit wajah.

4. Kurang Bersih Membilas

Dikejar waktu, sementara wajah harus dibersihkan, tidak jarang, membilas wajah jadi ritual yang sekenanya saja. Padahal, membilas adalah memastikan tidak ada sisa pembersih yang menempel pada wajah, yang artinya menjaga wajah dari penyumbatan pori-pori, jerawatn dan masalah yang disebabkan oleh hal tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

5. Tidak Segera Menggunakan Pelembap Setelah Wajah Dibersihkan

Ini juga masalah dalam menjaga kesehatan dan kecantikan wajah. Sebaiknya, setelah membersihkan wajah, segera aplikasikan pelembap. Ini berguna untuk menjaga kulit wajah tetap cantik dan sehat, pelembap dapat terserap dengan baik.

Membersihkan wajah sesering apa pun, bila Anda kerap melakukan kesalahan ketika melakukannya, keuntungan tidak bisa Anda dapatkan dengan maksimal. Karena itu, perhatikan juga hal tersebut ya! Mulai perbaiki jika ada kesalahan Anda yang masuk dalam daftar di atas.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi