Sering Dilakukan, Ini 4 Kesalahan Sepele saat Simpan Makanan di Kulkas!

doktersehat-kulkas

DokterSehat.Com– Apa yang Anda perhatikan saat akan menyimpan makanan?

Jika Anda biasanya hanya asal menyimpan makanan di dalam wadah tertutup atau langsung saja meletakkannya dalam kulkas, maka sebaiknya kini Anda mulai mencermati lagi cara Anda saat menyimpan makanan, karena ternyata ada cukup banyak kesalahan sepele yang sering dilakukan saat menyimpan makanan, lho

Mengapa menyimpan makanan menjadi hal yang penting?

Menyimpan makanan biasanya dianggap suatu hal sepele, padahal menyimpan makanan merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan dalam menjaga kualitas makanan.

Beberapa hal yang membuat penyimpanan makanan menjadi penting diperhatikan adalah:

  • Menyimpan makanan menjaga mutu dan kualitas makanan
    Penyimpanan makanan yang sesuai dengan jenis dan suhunya, membuat makanan akan terjaga mutu dan kualitasnya.
    makanan-penurun-asam-urat-doktersehat

    Hal ini tentu wajar mengingat suhu makanan yang tepat mampu melindungi makanan dari paparan akan bakteri atau kontaminasi yang mungkin merusak makanan.

  • Penyimpanan makanan menjaga keawetan dan masa simpan makanan
    Tidak hanya menjaga kualitas makanan. Seperti yang umum kita lakukan, penyimpanan makanan lazim dilakukan untuk memperpanjang masa simpan.

    Hal ini tentu juga harus didukung dengan cara penyimpanan yang tepat dengan memerhatikan suhu dan jenis bahan makanan.

Lantas, apa saja kesalahan saat menyimpan makanan yang paling sering dilakukan?

Beberapa kesalahan saat menyimpan makanan adalah penyimpanan makanan yang tidak memerhatikan suhu dan kelembaban tempat penyimpanan yang sesuai dengan jenis bahan makanan.

Hal ini kemudian dapat membuat penyimpanan makanan tidak tepat dan menyebabkan kesalahan yang sering terjadi, diantaranya:

1. Menyimpan buah di tempat terbuka namun tidak segera menghabiskannya

Menyimpan buah di tempat terbuka bersuhu ruang memang tidak sepenuhnya salah, asalkan Anda segera mengonsumsinya paling lama 2 hari setelah melakukan pembelian.

manfaat-buah-pir-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/mali maeder

Hal ini akan menjaga kelembaban dan mengurangi paparan bakteri pada buah. Terlalu lama menyimpan buah pada suhu ruang tentu akan membuat buah, apalagi yang berkulit tipis, mudah rusak atau busuk.

Anda bisa menyimpan buah pada bagian penyimpanan buah dan sayur khusus, jika masih akan mengonsumsinya dalam jangka waktu lebih dari 3 hari setelah pembelian, hal ini akan menjaga buah tetap segar dan bergizi saat akan dikonsumsi, bukan?

2. Tidak menyimpan sayur pada wadah khusus sayur dalam kulkas

Jika Anda langsung meletakkan sayur di sembarang rak kulkas setelah membelinya, maka hal ini sebaiknya segera Anda hindari, ya.
doktersehat-sayuran-hijau

Menyimpan sayur pada rak terbuka di kulkas akan membuatnya mudah layu karena diletakkan pada rak dengan kelemababan yang kurang tepat.

Umumnya, kulkas memiliki wadah semi tertutup dalam kulkas dengan kontrol kelembaban khusus yang ditujukan untuk menyimpan buah dan sayur. Manfaatkan hal tersebut dengan maksimal, sehingga usahakan untuk menempatkan buah dan sayur pada wadah dengen kelembaban khusus tersebut, ya.

3. Menyimpan daging atau unggas di rak paling atas

Meletakkan berbagai jenis daging, apalagi dalam kondisi mentah, di bagian paling atas rak adalah hal yang sebaiknya tidak pernah Anda lakukan, mengapa?

Daging atau unggas mentah adalah bahan makanan yang banyak mengandung bakteri aktif berbahaya.

Meletakkannya di bagian atas akan berisiko menyebabkan kontaminasi makanan, melalui cairan yang biasanya keluar pada daging mentah. Cairan tersebut bisa menetes saat wadah dibuka atau saat daging akan dikeluarkan, meskipun telah diletakkan dalam plastik atau wadah tertutup.

Untuk itu, usahakan menyimpan berbagai jenis daging mentah pada bagian rak kulkas paling bawah, ya.

4. Meletakkan susu dan telur di pintu kulkas

Coba perhatikan, dimana Anda meletakkan telur dan susu pada kulkas? Jika masih di pintu kulkas, maka kini jangan lagi lakukan kesalahan tersebut, ya.
doktersehat-telur

Pintu kulkas adalah bagian kulkas dengan suhu yang paling tidak stabil karena sering dibuka dan ditutup. Hal ini membuat suhu pada susu telur mudah berubah dan rentan merusak kualitas makanan.

Jadi, selalu letakkan susu dan telur pada rak kulkas bagian dalam, ya.