Terbit: 4 April 2018 | Diperbarui: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Senam kegel adalah salah satu latihan terbaik yang bisa dilakukan oleh pria dan wanita. Latihan ini akan menguatkan otot di sekitar panggul, rahim, kandung kemih, hingga anus. Pada wanita, senam ini bermanfaat untuk mengembalikan kekuatan otot di sekitar vagina agar seks bisa kembali berjalan maksimal.

Kesalahan Senam Kegel yang Kerap Dilakukan Pria dan Wanita

Lebih lanjut, kegel pada pria bermanfaat untuk memberikan kekuatan pada otot pangkal penis. Dengan melakukan senam ini, pria bisa mendapatkan ereksi yang hebat dan terhindar dari impotensi.

Meski senam ini memberikan banyak manfaat. Pria dan wanita kerap melakukannya dengan serampangan. Berikut kesalahan saat kegel yang harus dihindari.

1. Manahan napas secara tidak sadar

Senam kegel seharusnya dilakukan dengan tidak menahan napas. Menahan napas hanya akan membuat tekanan di dalam perut jadi besar. Dampaknya, gerakan tidak bisa berjalan dengan lancar.

Mulai gerakan senam kegel ini dengan menarik napas dalam-dalam. Selanjutnya embuskan napas pelan-pelan untuk melakukan relaksasi. Lakukan hal ini berkali-kali sampai Anda terbiasa.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

2. Tidak tahu otot panggul bawah

Kegel dilakukan dengan benar kalau otot panggul bawah bisa dibuat kontraksi dan relaksasi. Agar senam ini memberi manfaat yang besar, coba lakukan senam kegel dengan benar. Temukan otot panggul bawah dengan tepat. Untuk menemukan otot ini coba pura-pura menahan pipis. Otot yang tertahan itulah yang dilatih.

3. Meremas otot terlalu kuat

Otot bawah panggul memang dilatih untuk kontraksi dan relaksasi. Namun, jangan terlalu memaksakan diri untuk menahannya terlalu kuat. Lakukan kegel perlahan-lahan hingga mendapatkan rasa nyaman.

4. Tidak sabar

Karena yang dilatih otot, efeknya pada tubuh memang tidak langsung. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar senam kegel berhasil. Salah satu hal yang harus ada adalah sabar dan tidak mudah menyerah.

Pernahkah Anda melakukan senam kegel? Bagaimana rasanya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi